Aktual, Independen dan Terpercaya


Gerindra, PKS, dan Demokrat Berhasil Mencuri Hati Warga Pekanbaru

Bendera-Partai-Gerindra.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Partai pengusung Prabowo Sandi di Pilpres 2019 lalu, yakni Gerindra, PKS, PAN, dan Demokrat mendominasi perolehan suara Pemihan Legislatif di kota Pekanbaru.

Hal tersebut terungkap berdasarkan penetapan Anggota DPRD Riau oleh KPU Riau pada Sabtu, 11 Agustus 2019 lalu. Dimana, 6 dari 9 anggota DPRD Riau dapil Pekanbaru adalah caleg dari partai pengusung Prabowo.

Jumlah suara sah di Pileg DPRD Riau dapil Pekanbaru diketahui berjumlah sekitar 450.334 suara, dan tiga partai perolehan suara tertinggi adalah Demokrat, PKS, dan Gerindra.

Demokrat berhasil mencuri hati sekitar 74.489 suara masyarakat Pekanbaru, diikuti oleh PKS dengan perolehan suara 69.833 suara dan urutan ketiga adalah Gerindra 66.699 suara.

Dengan hasil itu, Demokrat dan PKS berhasil meraih dua kursi untuk menjadi anggota DPRD Riau dapil Pekanbaru periode 2019-2024.

Demokrat menjadi "kendaraan" bagi Agung Nugroho dan Noviwaldy Jusman, sementara di PKS ada nama istri ketua DPW PKS Riau Hendry Munief yakni Arnita Sari beserta koleganya Sofyan Sirodj.

Sedangkan Gerindra hampir meraih dua kursi, namun karena kuota kursi hanya 9, Gerindra hanya berhak mendudukkan anak kandung ketua DPD Gerindra Riau, Nurzahedy, yaitu Muhammad Aulia.

Sementara partai pengusung Prabowo Sandi lainnya adalah PAN hanya memperoleh suara sebanyak 36.679 suara dan mendudukkan satu kadernya di gedung lancang kuning, yaitu Incumbent Ade Hartati Rahmat.

Hasil tersebut tidak jauh berbeda dengan perolehan suara di tingkat DPRD Kota Pekanbaru, dimana PKS meraih 8 kursi, diikuti Demokrat dan Gerindra sebanyak masing-masing 7 kursi.