Abrasi Makin Parah, Trase Jalan Lintas Rengat-Tembilahan Bakal Digeser

Rumah-Terkena-Abrasi-Sungai.jpg
(FACEBOOK/SULTAN HASANUDDIN)

Laporan: RICO MARDIANTO

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau Syamsuar mengatakan Jalan Lintas Rengat-Tembilahan di Desa Sungai Raya dan Kuala Cenaku, Indragiri Hulu yang rusak parah akibat abrasi di Sungai Indragiri akan segera diperbaiki.

"Yang di Kuala Cenaku itu, kami sedang menyiapkan anggaran untuk lelang pekerjaan mengamankan tebing itu. Longsor di situ termasuk darurat, sekarang dalam proses tender," kata Syamsuar, Selasa, 11 Juni 2019.

Di jalan antara dua kabupaten dilalui Sungai Indragiri itu, sebagian badan jalan berada di bibir sungai terus terkikis akibat abrasi. Kondisi ini dikeluhkan masyarakat yang melintasi jalan itu selama bertahun-tahun.

Untuk sementara, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Riau telah menyiagakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) guna mengantisipasi longsor di kawasan itu.

Kepala PUPR Provinsi Riau Dadang Eko Purwanto mengatakan anggaran untuk perbaikan jalan lintas provinsi tersebut sudah dialokasikan yakni sebesar Rp 5 milliar.

Dadang menjelaskan, pengerjaan jalan tersebut yakni dengan menggeser trase jalan dari bibir sungai. Pembebasan lahan untuk penggeseran trase jalan tersebut akan dibantu pihak swasta. Selain itu, untuk mencegah abrasi meluas, juga akan dibangun turap di dua tempat sepanjang 200 meter di tepian sungai.

"Kita lelangkan dan sudah masuk ke ULP. Pembebasan lahan dibantu dari perusahaaan," kata Dadang.