Aktual, Independen dan Terpercaya


Yuk, ngopi sambil berbagi di Kobeng Arengka Pekanbaru

KOBENG.jpg
(IST)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kedai Kopi Bengkalis atau belakangan lebih dikenal dengan akronim Kobeng setelah dipopulerkan Sandiaga Uno mengajak masyarakat untuk menikmati kopi sambil berbagi.

Melalui program Kopi Ulou, Kobeng menyediakan wadah khusus kepada pelanggan untuk berbagai dengan warga kurang mampu, walau hanya sekedar menikmati secangkir kopi gratis atau makanan khas Melayu, yang juga gratis.

Muhammad Halimi, pengelola Kobeng mengatakan Ulou dalam bahasa Bengkalis bermakna memberi, atau seringkali disampaikan dengan akrab untuk saling berbagi.

"Jadi Kopi Ulou adalah cara menikmati Kopi Bengkalis dengan membagi kenikmatan kopi atau hidangan lainnya, seperti sarapan bersama orang tidak mampu agar kenikmatannya menjadi berkah," kata Halimi.

Halimi mengatakan konsep utama Kopi Ulou adalah konsumen menyisihkan sedikit rezeki dengan mengisi kupon Kopi Ulou. Dalam kupon itu, mereka bisa mengisi daftar makanan atau minuman yang akan dibagikan kepada warga kurang mampu.

Selanjutnya, kupon tersebut ditempel pada tempat khusus yang berada di bagian depan kedai kopi. Bagi mereka yang membutuhkan dan ingin menikmati kopi atau makanan khas Melayu, dapat mengambil dan menukarkan dengan hidangan, sesuai menu yang tertera pada kupon tersebut.

"Ide ini sudah kami lakukan sejak akhir 2018 lalu. Alhamdulillaah antusiasme konsumen kami cukup tinggi untuk berbagi dengan mereka yang membutuhkan," ujarnya.

"Konsumen yang sudah tau dengan program ini biasanya akan menawarkan diri untuk mengisi kupon tersebut," lanjutnya.

Kobeng merupakan salah satu kedai kopi yang menyajikan makanan khas Melayu di Kota Pekanbaru. Belakangan, kedai kopi yang berdiri sejak 2014 lalu itu terus menunjukkan eksistensinya. Terakhir, calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno menyempatkan mampir menikmati segelas kopi dan makanan khas di Kobeng.

Sejumlah sajian yang tersedia diantaranya adalah Mie Sagu, Kwetiau, Sate Bengkalis, Lontong Bengkalis dan yang paling dikenal adalah kopi Bengkalis. Sandi mengaku sangat menikmati sajian di Kobeng, terlebih pengelola menyediakan jaringan internet gratis serta harga yang terjangkau dan tempat yang nyaman.