Aktual, Independen dan Terpercaya


Ternyata Bunga Bangkai Tertinggi di Dunia Ada di Kampar, Riau. Ini Dia...

Bunga-Bangkai-Bukit-Melintang-Kampar.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, KAMPAR - Setelah masyarakat Riau dikagetkan dengan kehadiran danau Koto Panjang atau yang akrab dikenal dengan sebutan Ulu Kasok atau Raja Ampat ala Sumatera. Kali ini, Kabupaten Kampar, Riau, kembali menorehkan nama harum.

Wilayah berbatasan langsung dengan Sumatera Barat ini dikejutkan dengan kehadiran bunga bangkai (Amorphopallus Gigas) diklaim sebagai tertinggi di dunia oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Riau. Tak hanya satu, bunga bangkai ditemukan tersebut jumlahnya dua sekaligus.

"Bunga bangkai jenis ini merupakan bunga bangkai tertinggi di dunia karena mempunyai batangnya mampu menjulang tinggi," kata Kepala BKSDA Riau, Mahfud, Minggu, 17 September 2017.

Ia menjelaskan, bersumber dari berbagai literatur mereka dapatkan, bunga bangkai ditemukan kali ini memiliki panjang hampir mencapai 4 meter.

Baca Juga: 

Musimnya Raflesia Mekar Di Provinsi Ini

 

"Bayangkan saja, dari berbagai literatur bunga bangkai ditemukan, ini merupakan bunga bangkai tertinggi di dunia. Panjangnya mencapai 3.97 meter," ungkapnya.

Bunga Bangkai Tertinggi di Dunia

Harapannya, dengan kehadiran bunga yang tumbuh di Cagar Alam (CA) Bukit Bungkuk, pinggir Sungai Singalan Kiri, Desa Bukit Melintang, Kabupaten Kampar guna menjaga temuan langka tersebut dan turut menjaga kawasan CA Bukit Bungkuk.

Bunga bangkai ini mekar Jumat, 15 September 2017 silam dan hanya akan mekar dua hari kemudian. Karena bunga ini hanya mampu mekar dan tumbuh selama dua hari saja, tuturnya, kemudian butuh waktu lama untuk bisa menikmati kehadiran bunga langka ini.

"Bunga ini hanya akan mekar selama dua hari serta butuh berpuluh-puluh tahun untuk muncul kembali dan mari sama-sama kita menjaganya," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id