Aktual, Independen dan Terpercaya


Keren... Generasi Z Ini Komitmen Kurangi Penggunaan Plastik

Generasi-Z-Pekanbaru.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ratusan generasi Z (generasi lahir di tahun 1995-2012) yang besar dan tumbuh di Pekanbaru berkomitmen untuk mengurangi penggunaan barang-barang berbahan dasar plastik.

Biasanya barang-barang tersebut dijadikan benda-benda harian seperti botol, kemasan, kantong, sedotan dan barang siap pakai lainnya.

Mantan juara 1 Duta Lingkungan Pekanbaru (2015-2017), Michiko Frizdew mengatakan bahwa aksi penyelamatan bumi ini bertepatan dengan hari puncak #GenZHeTikYuk!.

"#GenZHeTikYuk merupakan kampanye hemat penggunaan plastik seperti botol, kemasan, kantong, pipet yang fokus pada generasi Z," katanya, Senin, 12 November 2018.

Ketua panitia ini beralasan memilih generasi Z untuk menyampaikan kampanyenya itu karena generasi ini dinilai tepat karena mampu menjadi pelopor serta dianggap mewakili manusia zaman sekarang.

"Sebuah kampanye yang ideal itu harus punya sasaran dan segmen yang jelas. Sehingga pendekatan komunikasi yang digunakan akan menyesuaikan dengan karakteristik dan perilaku suatu generasi agar pesannya dapat tersampaikan dengan efektif," jelasnya.

Dia mengatakan, kenapa memilih plastik karena sampah plastik membutuhkan waktu yang sangat lama untuk dapat terurai oleh bumi.

Belum lagi Indonesia adalah negara kedua terbesar di dunia yang paling banyak membuang sampah plastik ke laut. Selain itu, pelaku pendaur ulang plastik masih dapat dihitung dengan jari dan biasanya hanya dibuang bebas ke lingkungan atau malah berakhir di TPA.

Perayaan Hari Puncak #GenZHeTikYuk! yang diadakan di SMKN 2 Pekanbaru ini dihadiri oleh perwakilan siswa dan guru dari tiap sekolah.

Beberapa diantaranya SMK Hasanah, SMP Cendana, MTSN 1, SMP Dharma Loka, MIN 1, Living World, SMKN 6, SMKN 2, SMP IT Madani, SMPN 25, SMP IT Alfikri, SMPN 20 dan SMPN 13.

Juga melibatkan Plaza The Central, Mall Pekanbaru, Metropolitan City, Mall SKA, Sadira Plaza, Mall Ciputra dan Senapelan Plaza.