Aktual, Independen dan Terpercaya


6 Khasiat Pisang Yang Baik Untuk Kesehatan

pisang-cantik.jpg
INTERNET
Ilustrasi

RIAUONLINE - Pisang merupakan salah satu buah-buahan yang sangat mudah ditemui dimanapun anda berada. Namun tahukan anda, rugi rasanya bila anda mengabaikan buah satu ini. Ada banyak khasiat pisang yang sangat baik untuk kesehatan anda. Berikut penjelasannya sebagaimana dilansir dari Liputan6.com:

1. Menyeimbangkan RDA Detak Jantung

Banyak orang tidak menyadari betapa pentingnya kalium bagi tubuh. Kalium sebenarnya adalah salah satu nutrisi paling penting karena digunakan setiap sel dalam tubuh. Kalium juga berperan dalam menjaga denyut jantung stabil, menjaga tekanan darah yang sehat, dan memicu pelepasan insulin ketika dibutuhkan untuk mengatur gula darah.

RDA untuk kalium pada orang dewasa yang sehat adalah antara 3,5 ribu-4,7 ribu miligram (mg) per hari. Faktor-faktor lain seperti gaya hidup juga dapat memengaruhi jumlahnya. Dua pisang rata-rata mengandung sekitar 900 mg potasium. Sumber kalium lain yang baik termasuk kacang putih, kentang, bayam, semangka, dan tomat.

2. Membantu Mengaja Tekanan Darah yang Sehat

Keseimbangan natrium dan kalium bermanfaat menarik kelebihan air dari aliran darah menuju kandung kemih. Rata-rata, kurang dari dua persen orang dewasa Amerika Serikat memenuhi RDA harian mereka untuk kalium, yang berarti banyak orang memiliki faktor risiko signifikan untuk hipertensi. Konsumsi pisang dikatakan bisa menjaga keseimbangan keduanya agar tekanan darah stabil.

3. Menurunkan Risiko Kanker

Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran segar penting untuk meminimalkan risiko kanker karena Anda mendapatkan dosis harian nutrisi penting tanpa tambahan garam, gula, pewarna makanan, dan bahan pengawet kimia.

Pisang dengan kandungan vitamin C tinggi sangat penting dalam memerangi radikal bebas karsinogenik. Serat dalam pisang juga penting untuk mengatur kesehatan pencernaan dan dianggap mengurangi risiko kanker kolorektal.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Mencapai keseimbangan natrium dan kalium yang tepat juga penting untuk kesehatan jantung. Sebuah studi baru-baru ini mengungkapkan bahwa orang yang mendapat setidaknya 4.069 mg kalium setiap hari memiliki risiko 49 persen lebih rendah risiko meninggal akibat penyakit jantung daripada orang yang mendapat kurang dari 1.000 mg.

Itu adalah jumlah yang tidak sedikit, tapi kandungan di dalam pisang bisa membantu mencapainya. Serat, vitamin B6, dan vitamin C, semuanya bekerja bersama mendukung jantung yang kuat.

5. Memenangkan Masalah Perut

Jika Anda pernah ke dokter saat sakit perut, kemungkinan besar dokter akan merekomendasikan Anda untuk mengikuti diet BRAT. Diet ini terdiri dari makanan dasar yang mudah dicerna seperti pisang, nasi, saus apel, dan roti bakar

Pisang bagus untuk menjaga sistem pencernaan Anda bahagia karena potasium membantu menstabilkan keseimbangan elektrolit. Serat juga membantu meningkatkan keteraturan buang air besar.

6. Sebagai Gula Alami

Gula adalah kata yang buruk dalam diet akhir-akhir ini. Tapi, ketika berbicara tentang pisang, Anda tidak perlu khawatir. Para ahli merekomendasikan pisang sebagai pengganti gula alami yang memiliki dosis serat nan sehat.

Serat membantu memperlambat pencernaan jika gula dan karbohidrat tidak cepat terbakar dan menstabilkan gula darah Anda. Karenanya, pisang adalah camilan tengah hari yang baik untuk Anda yang membutuhkan energi.