Aktual, Independen dan Terpercaya


Ditemukan Terowongan Penyelundupan Narkoba Sepanjang 731 meter

Terowongan-narkoba.jpg
MIRROR
Terowongan perdagangan narkoba sepanjang 800 yard (731 meter) membentang di bawah perbatasan California-Meksiko

RIAU ONLINE - Agen federal AS menemukan sebuah terowongan perdagangan narkoba sepanjang 800 yard (731 meter) ditemukan membentang di bawah perbatasan California-meksiko.

 

Dua ton kokain dan tujuh ton ganja senilai hampir USD 22 juta atau Rp 289 miliar diamankan dari terowongan yang diyakini menjadi terowongan terpanjang yang pernah ditemukan di lintas perbatasan.

 

Ruter terowongan dimulai dari sebuah rumah di Tijuana, Meksiko dan berakhir di lingkungan Otay Mesa, San Diego.

 

Terowongan ini ditemukan saat agen federal AS membututi sebuah truk komersial pengangkut sampah industri yang penuh dengan potongan-potongan kayu ke sebuah industri outdoor. Beberapa hari kemudian, agen menemukan lubang yang menjadi pintu masuk ke dalam terowongan.

 

Terowongan itu dilengkapi dengan sistem ventilasi, lampu dan bahkan lift besar yang mengarah ke sebuah lemari di dalam kediaman Tijuana.

 

"Di permukaan, hanya sedikit orang yang mencurigai para penyelundup menyalurkan sejumlah besar kokain dan mariyuana yang ditaksir bernilai puluhan juta dolar AS, melalui lubang kelinci di dalam tanah ini," ucap jaksa federal AS, Laura Duffy, seperti dikutip dari CNN, Jumat (22/4/2016).

 

Pihak kepolisian menyebutkan, enam orang telah ditangkap di San Diego dan didakwa dengan beberapa tuduhan terkait perdagangan narkoba.

 

"Kasus ini adalah pengingat bagi kerentanan yang ada di sepanjangn perbatasan barat daya," kata Direktur Operasional Udara pada Badan Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS.

 

Sejak tahun 2006, 13 terowongan berskala besar yang digunakan untuk menyelundupkan narkoba telah ditemukan di sepanjang perbatasan California, AS.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline