Naik 85,76 Persen, Jumlah Wisman ke Riau Capai 2.656 Kunjungan

Ilustrasi-Wisman.jpg
(Manado Post)

 

RIAUONLINE, PEKANBARU - Sejak dibukanya Pelabuhan Internasional Dumai-Malaka pada 5 Mei 2022 lalu, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau mencatat jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Provinsi Riau sepanjang Juni sebanyak 2.656 kunjungan.

"Kondisi ini naik 85,76 persen dari bulan sebelumnya yang tercatat sebanyak 1.429 kunjungan," ujar Kepala BPS Provinsi Riau, Misfaruddin, Senin, 1 Agustus 2022. 

Dirincikan Misfaruddin, jika dilihat jumlah wisatawan mancanegara menurut pintu masuk, jumlah wisatawan mancanegara yang masuk melalui pelabuhan Dumai sebanyak 2.572 kunjungan atau 96,84 persen dari seluruh jumlah wisman 

Sedangkan melalui pelabuhan Bengkalis ada sebanyak 84 kunjungan atau 3,16 persen dari seluruh jumlah wisman. 

"Namun pintu masuk lainnya masih belum dibuka oleh Pemerintah," imbuhnya. 


 

 

Diungkapkan Misfaruddin, sebelumnya  pada Januari-Maret 2020, jumlah wisman yang masuk ke Provinsi Riau masih tinggi. Kemudian berkurang drastis saat pandemi Covid-19 mulai terjadi yaitu pada April 2020. 

Sehingga tidak ada wisman yang berkunjung ke Riau melalui pintu masuk Bandara SSK II. 

'Berlanjut selama tahun 2021 hingga Juni 2022, tidak ada wisman yang tercatat datang ke Provinsi Riau melalui Bandara SSK II dalam waktu 1 tahun terakhir," pungkasnya. 

Jumlah Wisatawan Mancanegara merupakan data wisatawan yang masuk melalui pintu imigrasi di Bandara Sultan Syarif Kasim II dan 3 (tiga) pelabuhan laut yang ada di Provinsi Riau yaitu Pelabuhan Laut Dumai, Pelabuhan Laut Bengkalis, dan Pelabuhan Laut Meranti.