Nikmati Hamparan Keindahan Alam di Ketinggian Puncak Ranah

Bukit-Suligi.jpg
(Tempo)

RIAU ONLINE, PASIR PANGARAIAN - Objek wisata alam "Menggapai Matahari Di Puncak Ranah" yang berada di Desa Koto Ranah, Kecamatan Kabun, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), belakangan ini terus ramai dikunjungi para pencinta alam.

Objek ini sangat cocok bagi mereka yang menggemari wisata alam di lokasi yang tinggi. Karena untuk menikmatinya, kita harus mendaki hamparan alam di ketinggian kurang lebih 900 MDPL.

Kades Koto Ranah, Safrizal menjelaskan, objek menggapai matahari di puncak ranah ini ditemukan pada tahun 2016 lalu saat kebakaran hutan dan lahan di kawasan Bukit Suligi. Tidak lama setelah dipromosikan oleh warga setempat, sekitar tahun 2017 puncak bukit ranah langsung ramai dikunjungi warga.

Untuk menggapai Puncak Ranah, cukup mempersiapkan fisik. Karena kendaraan roda empat dan roda dua hanya bisa sampai di kaki bukit puncak Ranah. Sedangkan ke puncak terpaksa berjalan kaki ditemani para pemandu yang merupakan warga tempatan.

"Setibanya di puncak Ranah, mata kita dimanjakan dengan hamparan alam yang luas dan awan yang indah. Bahkan pada pagi dan sore hari kita dapat menyaksikan matahari terbit dan terbenam. Justru itu diberi namanya menggapai matahari di puncak ranah. Karena disaat berdiri diatas bukit, seolah-olah kita berada diatas awan," terang Safrizal.

Disinggung soal fasilitas pendukung objek wisata, lanjut Safrizal, masih minim dan butuh perhatian khusus dari Pemerintah. Baik itu sarana insfranstruktur jalan maupun sarana prasarana pendukung lainnya seperti tali pengaman keatas bukit.

"Saat kedatangan pak Bupati Rohul H Sukiman, lalu kita sudah sampaikan. Beliau merespon dengan meminta instansi terkait untuk membuat program kerjanya. Karena menurut hemat kami, jika akses menuju puncak ranah di buka, pengunjung yang datang akan membludak," tegasnya. (***/1)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id