Wow, Anggaran Pembangunan Jalan ke Rupat Utara Rp 345 Miliar

Pantai-Rupat-Utara.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Jajaran DPRD Kabupaten Bengkalis, menyambangi Kantor Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Riau di Komplek Bandar Seni Raja Ali Haji Purna MTQ Pekanbaru, untuk menggarap destinasi pariwisata di Kabupaten Bengkalis, Jumat, 7 April 2017. Mengingat Kabupaten Bengkalis memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik, di antaranya Danau Kualo Muda, Komplek Situs Datuk Laksemana, Pantai Prapat tunggal, Pantai Selat Baru, Pantai Teluk Pembangunan, Pusat Pelatihan Gajah dan Pantai Rupat Utara.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Riau Fahmizal Usman didampingi oleh Kepala UPT Idrus Tintin Raja Indra, yang menyambut langsung kunjungan tujuh legislator dari berbagai fraksi itu menuturkan pihaknya sangat menyambut baik kunjungan yang dipimpin langsung oleh wakil Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis Zulhelmi itu.

Menurutnya koordinasi yang intensif sangat penting dilakukan untuk menghasilkan kerja yang optimal khususnya dalam bidang kepariwisataan. Untuk itu, pihaknya memberikan apresiasi yang tinggi atas kunjungan tersebut.

Baca Juga: Akses Wisata Bono Dan Muara Takus Dibenahi dengan Rp193 Miliar

"Untuk mendorong pariwisata di Bengkalis pemerintah provinsi Riau sudah melakukan berbagai kegiatan di kabupaten Bengkalis tepatnya di pulau Rupat," tutur Fahmizal Usman pada saat memberikan penjelasannya kepada jajaran DPRD dari kabupaten Bengkalis.

Pada 2017 ini, Dispar Riau telah melakukan berbagai kegiatan di Kabupaten Bengkalis. Pada Maret lalu Dispar menggelar kegiatan, di antaranya rapat koordinasi yang dihadiri asisten Deputi Kementerian Pariwisata, Perwakilan dari Bappenas serta seluruh jajaran Dinas Pariwisata se-provinsi Riau

Pada waktu yang sama Dispar Riau juga melaksanakan kegiatan Sapta Pesona yang melibatkan kelompok sadar wisata di Pulau Rupat dan Kegiatan Art Campt fesitival yang dihadiri langsung oleh Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dan 200 orang seniman.

Klik Juga: Danau Bandar Kayangan, Apa Kabarmu?

"Pemerintah provinsi Riau pada saat mengikuti Rapat koordinasi Nasional (Rakornas) Kepariwisataan ke I tahun 2017, yang dilaksanakan pada 31-31 Maret, telah mengusulkan anggaran sebanyak Rp 4 miliar melalui alokasi APBN 2018 untuk meningkatkan sarana prasarana berupa Titik Labuhan di Pulau Rupat," katanya.

Kondisi Jalan di Pulau Rupat Kabupaten Bengkalis, masih ada jalan aspal yang berlubang.(RIAUONLINE.CO.ID/DISTIMEWA)

Menurutnya, Pulau Rupat merupakan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang tercantum dalam Peraturan Presiden (PP) nomor 50 Tahun 2011 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional. Untuk meningkatkan akses jalur darat di Pulau Rupat, Pemerintah provinsi Riau juga telah mengusulkan anggaran ke pemerintah pusat untuk tahun 2018 sebanyak Rp 345 miliar

Kondisi Akses jalan di Pulau Rupat Kabupaten Bengkalis (RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

"Anggaran ini digunakan untuk pembangunan infrastruktur jalan sepanjang 84 kilometer menuju Pantai Rupat utara Kabupaten Bengkalis," katanya.

Lihat Juga: Tiga Komunitas Otomotif Ini Kampanyekan Istana Sayap Pelalawan

Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis Eddy Budianto yang ikut hadir dalam rombongan DPRD Kabupaten Bengkalis ke Dispar Riau turut menuturkan, di Kabupaten Bengkalis ada Iven besar "Cue Lak". Iven ini merupakan pawai hari keenam tahun baru imlek yang dihadiri oleh ribuan warga. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat menarik untuk dijadikan Iven nasional.

"Pemerintah provinsi Riau bersama pemerintah kabupaten Bengkalis dan stakeholder lainya harus giat melakukan koordinasi dan bersenergi. Hal ini untuk mendorong kepariwisataan di Riau khususnya di kabupaten Bengkalis lebih baik, sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatwan, baik wisata nusantara dan wisatawan mancanegara," tutur Eddy.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline