Tiga Komunitas Otomotif Ini Kampanyekan Istana Sayap Pelalawan

Tiga-Komunitas-Mobil-ke-Istana-Sayap.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tiga komunitas otomotif di Riau, antara lain Indonesia Fortuner (ID42NER) Chapter Riau, Riau Fortuner Hilux Club (RFHC) dan Toyota Land Cruiser Indonesia (TLCI), mempromosikan destinasi pariwisata di Riau, Istana Sayap di Kabupaten Pelalawan, Selasa, 28 Maret 2017.

Ketiga komunitas ini diikuti 27 kendaraan terdiri dari Fortuner, Hilux dan Landcruiser. Dipilihnya Istana Sayap Pelalawan, karena istana tersebut merupakan jejak sejarah Kerajaan Pelalawan yang dibangun oleh Sultan Pelalawan ke-29, Tengku Sontol Said Ali (1886-1892 M).

Sebelum bangunan itu selesai, sultan mangkat dan diberi gelar Marhum Mangkat. Selanjutnya, pembangunan Istana diteruskan hingga selesai oleh penggantinya, Sultan Syarif Hasyim II (1892-1930 M).

Baca Juga: Catat Dan Hadiri, Ini Acara Pariwisata Di Riau Sepanjang 2017

Ketika Sultan Syarif Hasyim II melanjutkan pembangunan Istana yang sedang terbengkalai karena mangkatnya Tengku Sontol Ali, maka ia membangun dua sayap disamping kanan dan kiri yang dijadikan balai. Maka Istana inipun dinamakan Istana Sayap.

Ketua Id42ner Chapter Riau, Wanto, mengatakan, kegiatan ini dilakukan guna mempererat kekeluargaan dan kebersamaan antarkomunitas dengan mengunjungi destinasi wisata Riau.

"Melalui kegiatan ini, kita dapat berbagi dan Explore Wisata Riau, sekaligus mempererat jalinan silaturahmi dan kebersamaan sesama anggota komunitas. Kkita juga ingin memperkenalkan potensi wisata di Riau, khususnya Istana Sayap Pelalawan," ujar Wanto.

Rombongan juga mengunjungi tiga panti asuhan dengan menyerahkan bantuan berupa sembako dan uang tunai. Ketiga panti asuhan di Pelalawan tersebut, Panti Asuhan Salsabila, Rumah Tahfiz Alquran dan Rumah Yatim Kerinci.

Di tempat terpisah kepala Dinas Pariwisata provinsi Riau, Fahmizal Usman menyambut baik kegiatan dilakukan komunitas otomotif di Istana Sayap.

Klik Juga: Akses Wisata Bono Dan Muara Takus Dibenahi Dengan Rp193 Miliar

 

Menurutnya kegiatan tersebut sangat membantu Pemerintah Provinsi Riau mempromosikan pariwisata di Bumi Lancang Kuning, guna meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

"Saya ucapkan terima kasih dan berikan apresiasi yang tinggi kepada Id42ner Chapter Riau, RFHC danTLCI. Pariwisata tidak bisa lepas dari keterlibatan Pemerintah, Akademisi, dunia usaha, komunitas dan media. Kelima elemen ini harus bersenergi guna mendorong secara bersama-sama kepariwisataan di provinsi Riau," ungkap Fahmizal. 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline