Semarak Festival Pacu Jalur 2015

Pacu-Jalur1.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/SUSILO)

RIAU ONLINE, PEKANBARU – Hari ini (20/8/2015) Festival Pacu Jalur Taluk Kuantan, Kuantan Singingi resmi dibuka. Pembukaan ini dihadiri oleh Plt Gubernur Riau, Arsyajuliandi Rachman.

 

Helat akan digelar hingga hari Minggu (24/8/2015) mendatang ini, semakin semarak dengan diikuti pula oleh beberapa negara Asia Tenggara dan provinsi tetangga. Pada malam pembukaan, dimeriahkan juga grup band asal Pekanbaru sudah menasional, Geisha.

 

(Klik Juga: Dentuman Meriam Jadi Tanda Dimulainya Pacu Jalur

 

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau, Fahmizal, mengatakan, ada 168 jalur yang akan bertanding. ”Ada 168 jalur yang akan bertanding di Tepian Narosa. Berarti ada 84 pertandingan yang akan digelar,” katanya.

 

Festival rakyat Pacu Jalur mulai dipertandingkan secara resmi pada acara Kemerdekaan Republik Indonesia pada 1993. Begitu banyak nilai luhur terkandung dalam pacu jalur hingga ia terus berkembang hingga kini.

 

(Baca Juga: Tips Nyaman Menonton Pacu Jalur

 

Helat Pesta Pacu Jalur di Kuantan Singingi ini dikemas dalam sebuah rangkaian kegiatan. Mulai dari Maelo Jalur, Pacu Jalur Tradisional, Pacu Jalur Mini dan dilanjutkan dengan wisata Sungai Batang Kuantan dengan menggunakan perahu Beganduang, Perahu Kajang, Perahu Berando dan Perahu Gulang-gulang.

 

"Ada pula awai budaya, pagelaran budaya tradisional dan hiburan rakyat selama iven ini berlangsung," tandas Fahmi.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline