Tips Nyaman Menonton Pacu Jalur

Pacu-Jalur2.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Festival Budaya Pacu Jalur yang rutin diselenggarakan setiap tahun selalu menarik perhatian pengunjung. Pengunjung yang datan menonton tidak hanya berasal dari daerah Kuantan Singingi (Kuansing) saja, tetapi juga dari luar kota, provinsi dan negara.

 

Pada tahun ini, pemerintah Provinsi Riau dan Pemkab Kuansing  akan menyelenggarakan Festival Pacu Jalur Tanggal 20-23 Agustus 2015. Diprediksi, festival yang diadakan di Taluk Kuantan ini akan disesaki oleh pengunjung atau wisatawan.

 

(Klik Juga: Jalur Dulunya Dipakai Para Bangsawan

 

Untuk mengantisipasi ketidaknyamanan karena padatnya pengunjung, ada beberapa tips dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau. Berikut tips agar nyaman menonton Pacu Jalur:

 

1. Segera hadir di pinggiran Batang Kuantan sebelum acara pembukaan di Lapangan Limano selesai. Karena akan kesulitan menjangkau sungai ketika ribuan warga di lapangan juga tumpah ruah menuju sungai.

 

2. Bagi yang memiliki kocek cukup tebal, carilah warung di pinggir sungai yang menyediakan bangku hingga pandangan mata langsung tertuju ke sungai. Untuk menyewa bangku Anda harus membayar sejumlah uang berkisar Rp 10.000.

 

3. Bagi keuangannya terbatas, datanglah ke tepian sungai sejak pagi hari. Carilah turap di pinggir sungai telah dibentuk bangku. Kalau menonton di sebelah sini, Anda tidak akan membayar sepeserpun. Walau tidak menonton acara pembukaan, Anda akan tetap disuguhkan dengan atraksi para pemacu jalur yang melakukan pemanasan.

 

(Baca Juga: Pacu Jalur Ikon Pariwisata Riau

 

4. Bila Anda menonton dari turap di pinggir sungai, bawalah makanan yang banyak. Karena begitu Anda duduk dan pertandingan pacu jalur berlangsung, Anda akan susah beranjak ke pinggir jalan, sebab di pagar sungai berjubel warga menutupi jalan menuju turap.

 

5. Bagi yang berasal dari luar Kuantan, pesanlah hotel jauh hari sebelum gelaran pacu jalur dimulai. Karena jumlah hotel di Kuantan sangat terbatas dan sedikit. Karena selain menghindari lonjakan harga pada hari-H, ini juga mengantisipasi ketersediaan kamar untuk anda.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline