Pengajuan Beasiswa untuk Anak Siak Bakal Dibuka Agustus 2024

Kabag-kesra-siak-diki.jpg
(HENDRA DEDAFTA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, SIAK - Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kabupaten Siak, Diky Sofian, menyebutkan pengajuan berkas beasiswa untuk anak Siak (BeTUNAS) tahun 2024 dimulai Agustus 2024 mendatang. 

"Ya, untuk pengajuan berkas beasiswa BeTUNAS bisa dimulai bulan Agustus mendatang, kemudian kita kroscek bertahap, pengumuman yang lolos hingga penyalurannya," kata Diky Sofian, Senin 18 Maret 2024.

Ia menjelaskan program beasiswa BeTUNAS ini terdiri dari kategori mahasiswa berprestasi dan program keluarga harapan (PKH).

Persyaratan utama untuk mengajukan beasiswa berprestasi, mahasiswa harus memiliki IPK 3,0 bagi jurusan sosial dan IPK 2,75 di jurusan eksak. 


Sedangkan untuk program keluarga harapan harus dibuktikan dengan kartu PKH yang aktif dan sudah terdaftar di Dinas Sosial, disertai KTP domisili Siak. 

Pendaftaran bisa diakses secara online melalui aplikasi BeTUNAS, yang ada di Dinas Informasi dan Komunikasi Kabupaten Siak. 

“Hal ini dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Siak untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan memutus mata rantai kemiskinan ekstrem,” terangnya. 

Program BeTUNAS sendiri sudah berjalan 15 tahun dan sudah menghasilkan SDM berkualitas seperti yang diharapkan pemerintah daerah.

“Inilah salah satu cara Pemkab Siak, bagaimana mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Siak dan juga bagaimana menyiapkan generasi muda untuk menyongsong Indonesia emas 2045,” tutupnya.(Infotorial Pemkab Siak)