Siak Championship 2024 Tempah Atlet Terbaik jadi Tuan Rumah Porprov 2026

Siak-Championship-2024.jpg
(HENDRA DEDAFTA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, SIAK - Ikatan Pencak Silat (IPSI) Kabupaten Siak menggelar iven pencak silat, Siak Championship 1 tahun 2024. 

Kegiatan ini digelar di Sport Hall Siak selama tiga hari, dari 1-3 Maret 2024. Ada ratusan peserta dari 33 perguruan kelas usia dini hingga dewasa yang mengikuti kompetisi ini.

"Antusias para atlet pencak silat yang mengikuti pertandingan di iven Siak Championship ini sangat luar biasa, peserta membludak hingga ratusan," ucap Ketua Panitia Siak Championship 1 2024, Almad Siregar, Sabtu 2 Maret 2024.

Selain dari Siak, Almad menyebut pertandingan ini turut mengundang atlet pencak silat dari luar kabupaten, di antaranya Kepulauan Meranti, Pelalawan, Rohul, Bengkalis dan Inhu. 

"Satu yang nggak ikut yaitu Pekanbaru, info yang diterima panitia mereka sedang melaksanakan iven yang sama," terangnya. 


Siak Championship merupakan kali pertama kejuaraan IPSI menggunakan sistem digital IT. 

"Wasit juri sudah menggunakan peralatan elektronik, kemudian disambungkan ke layar infocus. Sehingga memberikan kemudahan wasit juri melakukan penilaian secara langsung dan atlit bisa melihat nilai perolehan saat bertanding," ungkapnya. 

Selain itu, iven Siak Championship ini merupakan bagian dalam mempersiapkan atlet terbaik untuk menjadi tuan rumah Porprov 2026 di Kabupaten Siak. 

"Akan kita lakukan tese berjalan, kita pantau perkembangan para juara di event ini, hingga jelang Porprov 2026," terangnya. 

Almad menyebutkan, bahwa hingga jelang Porprov 2026, di Siak masih banyak event pencak silat yang akan dilaksanakan. 

"Untuk itu para atlet pencak silat harap terus semangat dalam berlatih, karena masih banyak event yang akan dilaksanakan jelang porprov 2026, melalui pertandingan itu yang akan menentukan siapa atlet terbaik yang akan mewakili Siak," paparnya. 

"Terima kasih saya ucapkan kepada Pemprov, Pemda Siak, sudah mensuport hingga acara ini berjalan lancar," tutupnya.