Bupati Alfedri Sambut Perayaan Cap Go Meh 2024 di Klenteng Tertua di Siak

Bupati-siak-hadiri-cap-go-meh2.jpg
(Dok. Pemkab Siak)

RIAU ONLINE, SIAK - Bupati Siak Alfedri hadiri perayaan Cap Go Meh bersama masyarakat Tionghoa di Klenteng Hock Siu Kiong, sempena rangkaian Tahun Baru Imlek 2575/2024. Cap Go Meh digelar di kawasan klenteng bersejarah dan tertua di Kabupaten Siak, Kelenteng Hock Siu Kiong Kota Siak Sri Indrapura, Sabtu 24 Februari 2024.

Kedatangan Bupati Alfedri disambut meriah masyarakat Tionghoa dalam suasana perayaan Cap Go Meh. Bupati Alfedri mengucapkan selamat merayakan malam Cap Go Meh tahun 2024 ini. 

“Terima kasih telah ikut berkontribusi dan sukseskan dalam pelaksanaan pemilu kemarin, ini merupakan bentuk rasa kerukunan antara umat dalam ragam suku bangsa yang satu yaitu bangsa Indonesia,” kata Bupati Alfedri.

"Keragaman budaya telah mewarnai khasanah bangsa kita ini, apalagi ini berada di pusatnya kota melayu yang berlatarkan sejarah kerajaan terbesar dan tersohor di belahan dunia eropa yaitu kerajaan Sultan Siak, sejarah tercatat dari masa kemasa kepemimpinan Sultan pertama dan berakhir pada masa Sultan Syarif Kasim II," sambungnya.


Menurut Alfedri, keberagaman suku, etnik, dan budaya, bersatu padu, tanpa memandang perbedaan, sehingga menciptakan kerukunan di tengah masyarakat Kabupaten Siak.

"Mari terus kita jaga dan lestarikan keberagaman ini, Melayu bersatu tentulah oleh masyarakatnya yang saling hormat menghormati dalam perbedaan suku dan budayanya," harap Alfedri.

Rangkaian perayaan Cap Go Meh dan Imlek tahun ini diakhiri dengan menyalakan kembang api bersama di kelenteng tertua di Siak itu.

Seluruh keluarga dari masyarakat Tionghoa berbaur dalam suasana hiburan berbahasa mandarin Tionghoa serta dimeriahkan artis dari Malaysia, Singapura, Pulau Batam dan Pontianak. (infotorial Pemda Siak)