Demi Bujang Kampung, Bupati Siak Tempuh 7 Jam ke Seberang Selat Malaka

Bupati-siak-di-perjalanan-ke-teluk-lanus.jpg
(HENDRA DEDAFTA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, SIAK - Bupati Siak, Alfedri, melaksanakan program Bujang Kampung di Kampung Teluk Lanus, Kabupaten Siak, Jumat 2 Februari 2024. Untuk sampai ke kampung terjauh yang berada di seberang Selat Malaka itu, Alfedri harus menempuh perjalanan hingga tujuh jam.

Bupati Siak Alfedri didampingi Wakil Bupati Siak Husni Merza dan beberapa pimpinan OPD menempuh perjalanan menggunakan melewati jalur air menggunakan speedboat setelah bermalam di Selat Panjang pada Kamis 1 Februari 2024 malam.

Di Kampung Teluk Lanus, Bupati Alfedri disambut sejumlah warga di pelabuhan. Perjalanan ke lokasi pun kembali dilanjutkan menggunakan mobil grandong, yang dirakit warga dengan mesin diesel dompeng. Di sana, Bupati Alfedri menginap di rumah warga.

Pelayanan masyarakat dalam program Bujang Kampung dilaksanakan di kantor desa dan gedung-gedung sekolah.

Ada beberapa pelayanan masyarakat yang didapatkan masyarakat di Kampung Teluk Lanus. Mulai dari khitan massal, pemeriksaan kesehatan dan pengobatan dari dokter profesional, serta diperoleh secara gratis.

Bupati Alfedri turut memberikan doorprize saat apel pagi. Beberapa murid yang maju berhasil menjawab pertanyaan seputar pendidikan dari Bupati Alfedri mendapat hadiah berupa senilai uang tunai.


Kegiatan kemudian dilanjutkan dilanjutkan dengan penyerahan bantuan paket sembako dari Baznas Siak, Dinas Ketahanan Pangan, penyerahan bibit cabai, hingga penanaman pohon di sekolah.

Pelayanan dalam program Bujang Kampung mendapat sambutan hangat dari warga setempat. Sejumlah warga tampak sudah hadir sejak pagi di kantor desa untuk mendapatkan pelayanan Disdukcapil.

Kemudian, pelayanan kependudukan, pelayanan Dapodik, pendataan kesetaraan dan keaksaraan. Pelayanan perpustakaan dan kearsipan dan penyampaian program-program Baznas.

Pelayanan Dokter spesialis dan vaksinasi, pemeriksaan gratis labor sederhana (asam urat, kolesterol, gula dan tekanan darah), serta khitan massal untuk warga tak mampu atau anak yatim.

Adapula pelayanan Puskesmas, pelayanan perpajakan, pelayanan konsultasi pertanahan, pelayanan konsultasi pertanian, pelayanan UMKM dan pelayanan KB.

Selain itu, Kehadiran orang nomor satu di Kabupaten Siak menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi warga Kampung Teluk Lanus.

Besar harapan warga di sampaikan oleh penghulu kampung dan Camat Sungai Apit, saat musyawarah pembangunan kampung, Musrenbang Kampung Teluk Lanus 2024. Warga berharap pembangunan di Kampung Teluk Lanus kedepan lebih diperhatikan lagi.

Kampung Teluk Lanus, berada di Kecamatan Sungai Apit. Masih berada di satu daratan. Namun, belum ada jalan jalur darat dari pusat Kecamatan Sungai Apit hingga ke Kampung Teluk Lanus.