Jelang Tour de Siak 2023, Warga Antre Foto Bareng Pebalap Oppa Korea

Pebalap-asal-korea-jadi-rebutan-foto.jpg
(HENDRA DEDAFTA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, SIAK - Intan, warga Kabupaten Siak rela mengantre demi bisa foto bersama pebalap sepeda asal Korea Selatan (Korsel) saat kegiatan Fun Bike jelang Tour de Siak 2023, Jumat, 1 Desember 2023. 

Pebalap sepeda asal Negeri Ginseng itu tampak dikerumuni sejumlah warga yang ingin berfoto bersama.

"Biasanya lihat oppa-oppa Korea cuma di handphone, sekarang ada di Siak tentu kita ajak foto bareng. Kapan lagi bisa foto bareng oppa-oppa Korea?” ucap Intan warga Siak, kepada RIAU ONLINE.

Sementara itu, rangkaian Opening Ceremony Tour de Siak 2023 disambut antusias oleh masyarakat Siak.

Opening Ceremony Tour de Siak 2023 diawali Fun Bike dengan peserta umum, bersama seluruh pebalap Tour de Siak. Kemudian parade atlet, pembagian hadiah fun bike, gala dinner dan opening ceremony. 


Pada 2-4 Desember, balapan Tour de Siak dimulainya untuk etape 1,2 dan 3. Kemudian pada 5 Desember 2023 seluruh official tim bersama pebalap dan PB ISSI pulang meninggalkan Kota Siak. 

Tour de Siak tahun 2023 diikuti sebanyak 13 tim pebalap sepeda terbaik dari 10 negara,

Belasan tim pebalap sepeda itu berasal dari Australia, Perancis, Filipina, Vietnam, Korea Selatan, Singapura, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Indonesia

Bersama PB Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI), telah disepakati lintasan setiap etape dalam Tour de Siak 2023 ini, terhitung sebanyak tiga etape dengan total jarak lintasan mencapai 405 km. 

Etape 1 rutenya Kota Siak Sri Indrapura, Dayun, Mempura, Koto Gasib, Siak sejauh 127 km. Kemudian Etape kedua rutenya Siak, Dayun, Koto Gasib, Perawang-Siak sejauh 170 km, dan etape 3 Siak City Race sejauh 108 km. 

Untuk penyelenggaraan Tour de Siak, tahun ini Pemerintah Kabupaten Siak mengucurkan anggaran sebesar Rp 2,3 miliar dari APBD Siak.