Cegah Abrasi, Sobat Bumi STAI Sulthan Syarif Hasyim Siak Tanam 200 Bibit Mangrove

Sobi-STAI-Sultan-syarif-hasyim-siak.jpg
(Dok. Sobi)

RIAU ONLINE, SIAK - Dalam upaya mencegah abrasi di pesisir pantai dan menghijaukan kemerdekaan untuk generasi masa depan, mahasiswa Sobat Bumi Indonesia (Sobi) STAI Sulthan Syarif Hasyim Siak melakukan penanaman bibit mangrove di Kampung Kayu Ara Permai, Kecamatan Sungai Apit,  Kabupaten Siak.

Sri Wahyuna, mahasiswi Sobi STAI Sulthan Syarif Hasyim, mengatakan sebanyak 200 bibit mangrove ditanam bersama kelompok Konservasi Laskar Mandiri serta masyarakat Suku Akit  di pesisir pantai Kampung Kayu Ara Permai, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, pada 20 Agustus 2023 lalu.

Aksi penanaman mangrove ini merupakan bentuk komitmen Pertamina Foundation bersama Sobi STAI Sulthan Syarif Hasyim Siak untuk menghijaukan bumi dengan menurunkan emisi. 

"Ini merupakan aksi ke-7 yang dilaksanakan oleh Sobat Bumi STAI Sulthan Syarif Hasyim Siak, sebelumnya pernah mengadakan aksi penanaman tanaman toga bersama masyarakat Kampung Tengah Mempura, aksi sosial di Panti Asuhan Assidiqiah Siak, edukasi penghijauan di Sekolah SD IT Elok Kecamatan Siak dan aksi bersihkan sampah di pesisir sungai Siak," ungkap Sri Wahyuna.

Penanaman mangrove oleh Sobi STAI Sulthan Syarif Hasyim Siak ini disambut baik Ketua Kelompok Konservasi Laskar Mandiri, Jefrizal Iskandar.


"Ini merupakan yang ketiga kalinya kami dipercaya adik-adik untuk turut menyukseskan kegiatan ini.

Semoga kegiatan ini terus dilaksanakan untuk mencegah abrasi di pesisir pantai khususnya pesisir pantai sungai apit, karena masih banyak pesisir pantai Sungai Apit yang masih terdampak abrasi dan harus ditanami," harapnya.

"Kami ucapkan terimakasih Pertamina Foundation dan adik-adik sobat bumi STAI Sultan Syarif Hasyim Siak telah sudi mengunjungi dan membantu penanaman mangrove di tempat kami. Semoga mangrove yang ditanam bisa tumbuh subur dan berdampak baik bagi masyarakat kayu Ara permai. Untuk kegiatan selanjutnya kami siap membantu adik-adik apabila dibutuhkan," ucapnya.

Sobat Bumi Indonesia (Sobi) merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina Foundation, yayasan di bawah naungan Pertamina Group yang memberikan bantuan pendidikan berupa beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa/i di tingkat perguruan tinggi, salah satunya STAI Sultan Syarif Hasyim Siak.  

Mahasiswa yang lolos menjadi award beasiswa Pertamina akan bergabung menjadi anggota Sobi. Sobi menjalankan aksi sosial maupun lingkungan yang dibentuk dan dibiayai Pertamina Foundation, yang dilaksanakan dua kali bahkan lebih dalam setahun.

Turut hadir dalam kegiatan ini dosen STAI Sulthan Syarif Hasyim Siak, Connaidi, Buhori, yang mendukung penuh dan membersamai kegiatan ini dari awal hingga akhir.