Rampung Sesuai Target, Masjid Raya Kerinci Kanan Diresmikan Bupati Siak

Masjid-Raya-Kerinci-Kanan2.jpg
(Dok PU Tarukim Siak)

RIAU ONLINE, SIAK-Masjid Raya Kerinci Kanan diresmikan oleh Bupati Siak Alfedri, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PU Tarukim) Siak, Irving Kahar. Pembangunan selesai sesuai target. Siak, Selasa 9 Mei 2023.

 

Masyarakat Kecamatan kerinci kanan patut bersyukur dan gembira, karenanya masjid raya yang baru saja selesai pembangunannya, pada Kamis 4 Mei 2023 lalu, secara langsung diresmikan Bupati Siak Alfedri. 

 

Masjid tersebut diberi nama Sabilul Jannah Batin Ahmad Dang, Sabilul Jannah yang bermakna jalan menuju syurga, sedangkan nama Batin Ahmad Dang di ambil dari nama salah orang yang berjasa di kampung kerinci kanan dan orang yang pertama kali membuka kampung kerinci kanan.

 

Atas kesepakatan tokoh agama dan masyarakat kerinci kanan nama Batin Ahmad Dang disematkan sebagai nama Masjid Raya Kecamatan.

 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PU Tarukim) Irving Kahar. Mengatakan Masjid Raya Kecamatan Kerinci Kanan mulai dibangun sejak tahun anggaran 2021. Pada tahun itu pembangunannya adalah struktur masjid terlebih dahulu.

 

Masjid Raya ini berdiri megah diatas lahan seluas satu hektar, wakaf salah seorang warga kerinci kanan bapak H Syamsir atau lebih dikenal pak ayud, terletak di pinggir jalan lintas lubuk dalam, kerinci kanan dan pelalawan.


 

“Pada tahun anggaran 2022 pembangunan dilanjutkan, dengan harapan masjid raya kecamatan Kerinci Kanan difungsikan pada tahun 2023. Alhamdulillah tercapai dan masjid siap difungsikan,” Kata Kadis Irving.

 

Pembangunan Masjid Raya Kecamatan Kerinci Kanan dengan total biaya sebesar Rp7,6 miliar. Rinciannya tahap I sebesar Rp 4,6 miliar yang juga termasuk untuk pematangan lahannya. Sedangkan untuk tahap II sebesar Rp 2,9 miliar. Anggaran ini belum termasuk dengan biaya lansekap bangunan masjid tersebut. 

 

Pada tahun anggaran 2022 telah berlangsung pembangunan tahap II untuk masjid raya tersebut. Pembangunan tahap II ini selesai pada akhir 2022. Pada 2023 sudah dapat digunakan oleh masyarakat.

 

Salah satu misi dari Bupati Siak adalah meningkatkan kualiatas SDM, beriman, bertaqwa, serta berbudi pekerti yang luhur. Misi tersebut salah satunya dengan pembangunan di sektor kegamaan. 

 

Dalam hal ini Bupati Siak akan membangun masjid raya di setiap kecamatan se-kabupaten Siak. Pada akhirnya akan ada masjid raya di 14 kecamatan se-kabupaten Siak.

 

 

Dengan dibangunnya masjid raya disetiap kecamatan diharapkan dapat menjadi sarana dan prasarana bagi masyarakat di Kabupaten Siak untuk meningkatkan kualitas SDM

 

"Tujuan untuk menjadi masyarakat yang beriman, bertaqwa serta berbudi pekerti luhur dapat tercapai dengan baik,” tutup Kadis Irving.