Pipa Minyak PT BSP Bocor, Minyak Mengalir hingga Pemukiman Warga Siak

Minyak-mengalir-dari-pipa-PT-BSP.jpg
(Hendra Dedafta/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, SIAK - Pipa Minyak milik PT Bumi Siak Pusako (BSP) mengalami kebocoran. Akibatnya, minyak dari pipa yang bocor mengalir hingga ke pemukiman warga Kampung Sabak Permai, Kecamatan Sabak Auh, Kabupaten Siak, Kamis, 26 Januari 2023.

Warga Sabak Auh, Dani, mengatakan kebocoran pipa itu diperkirakan terjadi pada malam hari. Menurutnya, kurangnya pengawasan pihak PT BSP menyebabkan pipa mengalami kebocoran hingga banyak minyak yang mengalir ke pemukiman warga.

"Saya melihat sendiri pipa minyak PT BSP di pinggir jalan lintas tepatnya, di Kampung Sabak Permai, Kecamatan Sabak Auh, bocor mengalir hingga halaman rumah warga," ucap Dani.


Sementara itu, Penghulu Kampung Sabak Permai, Komarudin, berharap pihak perusahaan agar serius dalam melakukan penambalan pipa minyak agar kebocoran tidak terulang lagi.

"Kami meminta pihak perusahaan untuk segera perbaiki lagi, jangan terkesan kayak main-main saja dalam melakukan penambalan pipa itu. Pipa itu kan panas, takutnya kalau menyembur isi dalam pipa itu ke pemukiman masyarakat, tentu berbahaya dan berdampak pada lingkungan," ungkapnya.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas DLH melalui Kabid Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Siak, Ardayani, mengatakan bahwa dirinya akan melaporkan kejadian itu kepada kepala dinas terlebih dahulu dan akan segera melakukan pengecekan di lokasi.