Polres Siak Gelar Simulasi Pengamanan Pilkada 2020

simulasi-pengamanan.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Dalam mensukseskan perhelatan pesta demokrasi pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, Jajaran Polres Siak menggelar simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) di lapangan sepak bola Kampung Dayun, Kecamatan Dayun, Siak, Sabtu, 28 November 2020.

Disimulasikan, ada salah satu kelompok pendukung Pasangan Calon (Paslon) tidak terima dengan hasil penghitungan suara dan melakukan unjuk rasa ke Kantor Pemilihan Umum (KPU) Siak.

Kemudian, Pihak pengamanan dari Polres Siak pun melakukan tugasnya guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Mulai dari menurunkan negosiator berlanjut menurunkan personil pengendalian masa (Dalmas) yang melibatkan seluruh personil Polres Siak dari setiap Satuan. Hingga diturunkan mobil water cannon dan pasukan bermotor untuk mengurai masa yang disimulasikan anarkis.

"Kita melaksanakan simulasi pengamanan Pilkada ini untuk mempersiapkan diri dalam pengamanan setiap tahapan dan rangkaian Proses pemilihan kepala daerah nanti mulai dari tahapan pemungutan suara hingga Pelantikan dan sumpah jabatan,” kata Kapolres Siak, AKBP Doddy F. Sanjaya, Sabtu, 28 November 2020.

Doddy menambahkan, dalam pengamanan Pilkada tahun ini berbeda dengan tahun tahun sebelumnya, karena selain menjaga situasi tetap aman dan kondisif Polri juga dituntut untuk memastikan tidak terjadinya penyebaran Covid - 19 karena masih dalam situasi pandemi.

“Saya berharap seluruh personil benar benar siap dalam melakukan pengamanan, baik menjaga situasi tetap aman dan kondusif selama proses pesta demokrasi ini berlangsung , mulai dari pencoblosan nanti sampai pada pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih serta benar-benar memastikan semua nya terhindar dari penyebaran Covid - 19, dua hal ini yang harus benar benar jadi pedoman," tambahnya.

“Kemampuan dalam pengendalian massa merupakan kemampuan yang perlu latihan secara berkelanjutan dalam rangka menguji kesiap siagaan personil, untuk itu lakukan simulasi ini dengan serius dan sungguh sungguh,seolah olah ini benar benar terjadi agar tahapan demi tahapan pengamanan dapat berjalan sesuai rencana dan hasil nya sesuai dengan yang kita harapkan," pungkasnya.