Bawaslu Bengkalis Ingatkan Calon Kepala Daerah dan Pengusung Jaga Stabilitas Keamanan

Anggota-Bawaslu-Bengkalis-Usman.jpg
(Riau Online)

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Sebanyak empat bakal pasangan calon (Bapaslon) bupati dan wakil bupati Bengkalis, secara resmi telah mendaftarkan diri di KPU Kabupaten Bengkalis pada Pilkada Bengkalis tahun 2020.

Keempat bakal calon tersebut, yakni Kasmarni-Bagus Santoso, Abi Bahrun-Herman, Kaderismanto-Iyeth Bustami dan Indra Gunawan Eet-Samsu Dalimunte.

Berdasarkan hasil pengawasan yang dilakukan Bawaslu Bengkalis, Bapaslon atas nama Kasmarni-Bagus Santoso merupakan bakal calon yang pertama mendaftar ke KPU Bengkalis pada Jumat (4/9) pagi lalu, yakni pada hari pertama dibukanya pendaftaran bakal calon.

Selanjutnya disusul Bapaslon atas nama Abi Bahrun-Herman pada Jumat (4/9) siang usai melaksanakan shalat Jumat.

Sementara itu, Bapaslon atas nama Kaderismanto-Iyeth Bustami dan Indra Gunawan Eet-Samsu Dalimunthe, pendaftaran Bapaslon bupati dan wakil bupati ke KPU Bengkalis dilakukan pada hari ketiga (hari Ahad, 6 September 2020), yakni hari terakhir setelah dibukanya masa pendaftaran Bapaslon di KPU Bengkalis. Bapaslon Kaderismanto-Iyeth Bustami mendaftar di waktu pagi, sedangkan Indra Gunawan Eet-Samsu Dalimunte usai shalat Zhuhur.

Dalam melakukan pengawasan terhadap pendaftaran Bapaslon ke KPU Bengkalis, selain dilakukan oleh sejumlah Staf Bawaslu yang tergabung dalam Pokja Pencalonan maupun tidak, juga turut dihadiri dan diawasi secara langsung dan melekat oleh Ketua Bawaslu Bengkalis Mukhlasin dan para Anggota, yakni Budi Kurnialis, Beni Syahputra, M Hary Rubianto dan Usman.

Usman, salah seorang Anggota Bawaslu Bengkalis yang juga Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga usai mengawasi seluruh rangkaian proses pendaftaran Bapaslon di hari terakhir pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati Bengkalis tahun 2020, mengatakan, bahwa dalam melakukan pengawasan ini pihaknya dituntut untuk memastikan agar seluruh proses pendaftaran dan pencalonan dilaksanakan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. Bahkan pihaknya juga turut mengawasi dan memastikan agar pelaksanaan tahapan ini tetap memperhatikan standar protokol kesehatan Covid-19.

“Di hari terakhir yang merupakan batas akhir pendaftaran Bapaslon ini, kita kembali melakukan pengawasan secara melekat terhadap pendaftaran Bapaslon Kaderismanto-Iyeth Bustami dan Indra Gunawan Eet-Samsu Dalimunte, mulai dari proses masuk gedung KPU hingga memastikan proses pemeriksaan berkas dan pencocokan SK kepengurusan partai politik di aplikasi Silon. Hal serupa juga kita lakukan pada hari sebelumnya, di mana kita juga telah mengawasi secara melekat proses pendaftaran Bapaslon Kasmarni-Bagus Santoso dan Abi Bahrun-Herman pada Jumat (4/9) lalu,” terang Usman, Minggu 6 September 2020.

Terkait tahapan pendaftaran Bapaslon ke KPU Bengkalis ini, Usman berharap agar seluruh Bapaslon yang telah mendaftarkan diri untuk segera melakukan pemeriksaan kesehatan, termasuk patuh mengikuti segala bentuk protokol kesehatan Covid-19. Begitu juga kepada seluruh bapaslon dan partai pengusung serta simpatisan dan relawan Bapaslon dingatkan agar selalu menjaga stabilitas keamanan demi mewujudkan Pilkada Bengkalis yang bersih, damai dan bebas pelanggaran.

Sebagai informasi tambahan, pada Pilkada Bengkalis tahun 2020 ini, Bapaslon Kasmarni-Bagus Santoso diusung oleh sejumlah partai, yakni Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Demokrat. Kemudian Bapaslon Abi Bahrun-Herman diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Selanjutnya Bapaslon Kaderismanto-Iyeth Bustami diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Sedangkan Indra Gunawan Eet-Samsu Dalimunte yang merupakan Bapaslon terakhir yang mendaftar ke KPU Bengkalis diusung oleh Partai Golongan Karya (GOLKAR) dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo).

Sejauh pengamatan yang dilakukan, dalam melakukan pendaftaran ke KPU Bengkalis ini, selain dihadiri langsung oleh masing-masing Bapaslon, pendaftarannya juga turut dihadiri segenap pimpinan koalisi partai pengusung, para simpatisan dan relawan bakal calon. Sejumlah personil keamanan dari kepolisian Resort Bengkalis pun turut disiagakan bagi menjaga agar proses pendaftaran Bapaslon berlangsung dengan tertib dan kondusif.