Catat, 4 Jalur PPDB SMP Negeri di Pekanbaru

Ilustrasi-PPDB-Online3.jpg
(ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/foc via Tirto.id)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Peserta didik di Kota Pekanbaru segera memasuki tahun ajaran baru 2024/2025. Rangkaian Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMP Negeri Pekanbaru bakal berlangsung pada Juni 2024 mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal mengatakan, ada empat jalur penerimaan dalam PPDB kali ini. Keempat jalur tersebut yakni zonasi, afirmasi, prestasi hingga jalur pindah orangtua.

Jalur zonasi yakni jalur bagi calon peserta didik yang berdomisili dekat sekolah. Jalur afirmasi bagi calon peserta didik yang kurang mampu dari segi ekonomi. Jalur prestasi bagi calon peserta didik yang punya prestasi akademik maupun non akademik.

"Ada juga jalur pindah orang, bagi orangtuanya yang pindah tugas ke Kota Pekanbaru," kata Jamal, Selasa 16 April 2024.


Ia menyampaikan, jalur penerimaan dalam PPDB tahun ini belum ada perubahan. "Kalau untuk jalur penerimaan belum ada perubahan bila dibanding tahun lalu, masih empat jalur yang jalur penerimaan," jelasnya.

Jamal menambahkan bahwa orangtua dan para calon peserta didik SMP negeri di Kota Pekanbaru masih punya waktu mempersiapkan diri jelang PPDB pada Juni 2024 nanti.

Rangkaian PPDB baru berlangsung setelah ujian kenaikan kelas selesai. Ia menyebut bahwa dinas pendidikan memperkirakan jadwal PPDB berlangsung pada Juni mendatang.

"Saat ini para peserta didik masih fokus belajar untuk ujian akhir, sehingga bisa lulus sebelum mendaftar dalam PPDB nanti," tutupnya.