4 Cara Jaga Berat Badan Tetap Ideal Usai Lebaran

Ilustrasi-berat-badan.jpg
(Dok. Freepik via kumparan)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Beragam hidangan makan sangat menggugah selera ketika Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Tak ayal, nafsu makan pun semakin meningkat saat menikmatinya bersama keluarga dan kerabat tercinta di kampung halaman. 

Sehingga, tubuh mendapatkan asupan kalori yang melebihi kebutuhan, sehingga akhirnya terjadi penumpukan lemak sebagai cadangan makanan di tubuh dan menyebabkan kelebihan berat badan. 

Namun, jangan khawatir. Ada beberapa cara menjaga berat badan yang dirangkum buat kamu, saat dan setelah Lebaran agar tetap ideal dan tidak kelebihan berat badan:

1. Berhenti makan sebelum kenyang

"Makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang", pepatah ini sudah sering sekali kita dengan dalam kehidupan sehari-hari agar tubuh tidak "kaget" dan menjadi sakit karena harus mencerna terlalu banyak makanan.

Makan berlebih membuat kamu ngantuk, malas bergerak, dan ingin tidur. Padahal, tidur setelah makan juga sangat tidak dianjurkan. 

2. Perbanyak minum air putih


Minum air putih sebelum makan agar kenyang lebih cepat. Biasakan untuk minum air putih lebih dulu sebelum makan agar nafsu makan sedikit berkurang. 

Minum air putih juga bermanfaat untuk mencegah tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi, sehingga tidak mudah lelah.

3. Jangan langsung tidur setelah makan

Langsung rebahan atau tidur setelah makan dapat memperlambat dan mengganggu proses pencernaan. 

Dengan tidur, tubuh juga akan lebih lambat membakar kalori sehingga kamu akan mengalami kenaikan berat badan. Menurut laman PharmEasy, proses pencernaan paling baik terjadi saat posisi tubuh tegak.

Posisi ini akan mempermudah kinerja sistem pencernaan. Tubuh juga memerlukan waktu sedikitnya 2 jam untuk bisa mencerna makanan.

4. Perbanyak aktivitas fisik

Pastikan tubuh tetap aktif bergerak agar kalori terbakar lebih banyak. Aktivitas fisik seperti melakukan kegiatan ringan seperti menyapu rumah, mencuci piring atau aktivitas lainnya bersama keluarga. 

Selain itu, bisa juga dengan berolahraga seperti berjalan kaki, lari, berenang, bersepeda dan olahraga lainnya.

Semakin banyak kegiatan fisik yang kamu lakukan semakin cepat pula tubuh membakar kalori yang dibutuhkan.