Harga Kelapa Butiran dan Pinang Kering di Riau Turun, Komoditi Lainnya Stagnan

Kelapa2.jpg
(Shutterstock)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Dinas Perkebunan mendata, harga komoditas perkebunan yakni pinang kering dan kelapa butiran di Provinsi Riau pekan ini mengalami penurunan harga. 

Kepala Dinas Perkebunan Riau, Syahrial Abdi mengatakan untuk pinang kering berada pada level Rp4.725 per kilonya atau turun Rp 688/kg.

"Berlaku di Kabupaten Kampar, Kabupaten Siak, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti," ujar Syahrial Abdi, Kamis 20 Maret 2024. 

Ia menyebut, begitu pula kelapa butiran di Kabupaten Kuansing, Kampar dan Kepulauan Meranti pada periode minggu ini sebesar Rp2.917/kg atau turun dari harga minggu lalu.


Sedangkan, produk komoditi lainnya seperti kopra mutu kering dan tepung sagu masih sama atau tidak mengalami perubahan harga. 

"Harga kopra mutu kering (100%) di Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti sebesar Rp5.600/kg. Disusul tepung sagu basah sebesar Rp2.475/kg, berlaku di Kabupaten Siak, Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti," jelasnya. 

Lebih lanjut, untuk harga Bokar (Bahan Olahan Karet Rakyat) baik tingkat petani maupun di beberapa Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB) yang ada di Kabupaten/Kota di tingkat petani/KUB Kabupaten Kampar dibanderol Rp12.300/kg. 

"Kita dari Dinas Perkebunan Prov Riau selalu berupaya dan mendorong mutu karet petani Riau terus meningkat melalui upaya memperkuat Kelembagaan Petani Karet Untuk bergabung dalam UPPB (Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar. Sehingga mutu hasil karet rakyat menjadi bersih dan harga ditingkat petani menjadi meningkat," pungkasnya.