Peralihan Musim Kemarau, 21 Titik Panas Muncul di Riau Hari Ini

Titik-panas4.jpg
(bpbd pekanbaru)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Sebanyak 21 titik panas atau hotspot muncul di sejumlah wilayah di Provinsi Riau, Jumat, 15 Maret 2024.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Kota Pekanbaru, titik panas paling banyak muncul di Kabupaten Kepulauan Meranti, yakni sebanyak 10 titik.

"Kemudian di Kabupaten Pelalawan ada 1 titik, Kabupaten Siak ada 2 titik, dan Kota Dumai 6 titik," ujar Prakirawan BMKG Kota Pekanbaru, Putri Santy.


Berdasarkan data BMKG tersebut, Provinsi Riau juga menjadi provinsi dengan jumlah titik panas terbanyak se-Pulau Sumatera.

"Total titik panas di Pulau Sumatera terpantau 37 titik. Di Sumatera Utara ada 7 titik, Jambi 2 titik, Lampung 1 titik, Sumbar 1 titik, Sumatera Selatan 1 titik, dan Kepulauan Riau 4 titik. Sisanya di Riau," jelasnya. 

BMKG Nasional sebelumnya telah mengumumkan Indonesia telah memasuki musim pancaroba atau musim peralihan dari musim hujan menuju musim kemarau yang diprediksi berlangsung selama Maret hingga April 2024. 

Memasuki musim pancaroba, udara panas dan terik kemungkinan bisa disusul dengan hujan yang biasa terjadi pada sore dan malam hari. Oleh karenanya, masyarakat diimbau tetap waspada baik untuk kemungkinan bencana alam yang dapat diakibatkan kondisi cuaca ekstrem maupun untuk mewaspadai gangguan kesehatan.