Pedagang Takjil Ramadhan di Pekanbaru Jangan Pakai Bahan Berbahaya di Makanan

Takjil2.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Para pedagang di Pasar Ramadan harus memastikan takjil yang dijual layak konsumsi. Hal ini menjadi perhatian Dinas Perdagangan dan Perindustrian (DPP) Kota Pekanbaru.

"Kami mengimbau para pedagang takjil di Pasar Ramadan tidak memakai bahan berbahaya untuk makanan," imbau Kepala Bidang DPP Kota Pekanbaru, Hendra Putra, Senin 11 Maret 2024.

Ia mengingatkan para pedagang jangan sampai menggunakan bahan berbahaya untuk makanan seperti Boraks hingga Rhodamin B. Menurutnya, bahan berbahaya itu tidak semestinya dicampur dalam makanan.

Bahan berbahaya tersebut, lanjutnya, berdampak bagi kesehatan manusia. Dirinya menyarankan pedagang untuk menjual takjil yang higienis dengan memperhatikan dampak penggunaan bahan berbahaya dalam makanan yang dijual.


"Bagi yang kedapatan memakai bahan berbahaya bagi kesehatan tentu akan ditindak nantinya. Kami ingatkan agar tidak menggunakan bahan berbahaya di makanan," tegas Hendra.

Pihaknya selama Ramadan bakal melakukan pengawasan terhadap takjil di Pasar Ramadan yang ada. Mereka juga melakukan pengawasan bahan takjil bersama BBPOM Pekanbaru.

"Kita lakukan pengawasan di lapangan bersama BBPOM, di titik Pasar Ramadan," ujarnya.