Harga Beras Melambung, BI Riau Panen Padi 3.000 Ton Bersama TPID Rohil

Padi5.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Bank Indonesia (BI) Provinsi Riau bersama TPID Rokan Hilir menggalakkan program Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) di Desa Mukti Jaya, Kecamatan Rimba Melintang, Kabupaten Rokan Hilir. 

Perwakilan BI Provinsi Riau, Panji Achmad mengatakan panen raya padi seluas 450 hektar, yang dilakukan pada 5 Maret 2024 kemarin, sebagai bentuk peningkatan produktivitas padi dan ketahanan pangan di Riau.

"Produktivitas padi di Desa Mukti Jaya ini merupakan salah satu yang tertinggi di Riau, mencapai 7 ton per hektar dan diyakini dengan luas lahan seluas 450 hektar hasil produksi padi mencapai lebih dari 3.000 ton," ujar Kepala Panji Achmad, Rabu 6 Maret 2024. 

Apalagi, tingginya hasil panen padi tersebut menjadi berita baik di tengah isu kelangkaan dan kenaikan harga beras belakangan ini.

"Tentunya, capaian ini tidak terlepas dari berbagai pendampingan yang diberikan oleh Bank Indonesia Provinsi Riau dan TPID Rokan Hilir," ungkapnya.


Dalam agenda Panen Rayya padi ini sekaligus dirangkaikan panen perdana demplot digital farming padi di lahan seluas 0,5 hektar di Gapoktan Mukti Jaya. Program ini dimulai Bank Indonesia Provinsi Riau pada November 2023. 

Menariknya, implementasi teknologi digital diterapkan pada lahan yang memiliki produktivitas terendah yakni hanya 5,5 ton/ha dalam sekali panen. 

"Penerapan teknologi digital, berupa digital farming di sisi hulu, dengan memanfaatkan perangkat Rapid Soil Check (RSC) dan Climate Station yang diberikan oleh Bank Indonesia," jelasnya.

Penerapan teknologi di demplot Gapoktan Mukti Jaya mampu meningkatkan hasil panen sebesar 63% menjadi 9 ton/ha, lebih tinggi dibanding rata-rata hasil panen kelompok selama ini. Penerapan teknologi ini juga berdampak pada efisiensi pupuk sebesar 10%, dengan tinggi tanaman meningkat sebesar 4%.

"Jadi penghematan biaya, justru diikuti oleh peningkatan hasil panen," pungkasnya. 

Keteranggan foto (istimewa) : Kegiatan Panen raya padi dan pengenalan perdana paben padi digital farming di Rokan hilir