Banjir Masih Menggenang di Riau, Sebanyak 677 KK Masih Mengungsi

Banjir-di-pattimura-pekanbaru2.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Sebanyak 677 kepala keluarga (KK) masih mengungsi karena genangan banjir belum surut di sejumlah titik di tiga kabupaten di Provinsi Riau.

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Jim Ghofur mengatakan, banjir masih menggenang sejumlah perumahan warga di Kabupaten Pelalawan, Indragiri Hulu dan Bengkalis.

"Sudah mulai surut, tapi masih ada beberapa wilayah yang airnya masih tinggi, jadi warga yang mengungsi belum bisa kembali ke rumah nya masing-masing," ujarnya, Kamis, 8 Februari 2024.


Lanjutnya, Waduk PLTA Koto Panjang juga mulai surut di Kabupaten Kampar. Manajemen PLTA Koto Panjang pun telah melakukan pengurangan bukaan pintu pelimpahan (Spillway Gate) menjadi satu pintu, pada, Selasa (6/2/2024) kemarin.

Pengurangan bukaan pintu waduk kali ini merupakan kedua kalinya dilakukan setelah sebelumnya PLTA juga mengurangi bukaan pintu waduk dari lima pintu menjadi ketiga pintu. 

Seperti diketahui, penurunan dan pengurangan bukaan tinggi ini menjadi kabar baik. Sebab sejak beberapa bulan terakhir PLTA Koto Panjang buka lima pintu dengan tinggi bukaan variasi sesuatu dengan debit air yang masuk waduk.