Perampok Bersenjata Ditangkap Polda Riau, Buronan Polda Sumbar Sejak 2021

Kombes-Asep-Darmawan4.jpg
(Riau Online/Defri Candra)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Barakhir sudah pelarian perampok bersenjata api di tangan Polda Riau. Padahal perampok tersebut buron selama 3 tahun oleh Polda Sumbar sejak tahun 2023.

Saat datang ke Kampar, Polda Riau langsung melakukan penangkapan kepada pelaku perampokan inisial RC (41) hingga tewas dengan 11 luka tembakan.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Riau, Kombes Pol Asep Darmawan mengatakan saat penangkapan, pelaku perampokan RC menembaki petugas, Sabtu, 27 Januari 2024 pukul 06.00 WIB.

"Pelaku pertama yang ditangkap bernama IL pada 25 Januari kemaren di Kampar. IL ini merupakan inisiator aksi kejahatan mereka di Sumbar. Kemudian ada MZ selaku eksekutor juga. Dia diamankan di KM 2 Jalan Garuda Sakti, Tapung, Kampar," terang Asep.

Dari hasil pengembangan, diketahui eksekutor penembakan, RC tengah berada di Desa Batu Belah, Kabupaten Kampar. RC sendiri merupakan pemilik 4 pucuk senjata api lengkap dengan puluhan butir amunisi.


Saat akan ditangkap RC berusaha menyerang petugas dengan mengarahkan tembakan. Dua petugas tertembak. Satu petugas dari Resmob Polda Riau Aiptu Edi Jumarno di bagian tangan.

Dan satu petugas bernama Aiptu Hendri dari Polres Padang Pariaman di bagian dada.

"Beruntung, Aiptu Hendri menggunakan rompi anti peluru saat kejadian. Peluru tidak masuk ke tubug korban," papar Kombes Asep.

Atas serangan tersebut, petugas kemudian mengambil tindakan tegas terukur dan berusaha melumpuhkan pelaku. 11 peluru bersarang di RC hingga tewas. Pelaku kemudian dilarikan ke RS Bhayangkara untuk di autopsi.

Selanjutnya, jenazah pelaku akan diserahkan ke keluarga untuk dikebumikan.

"Jenazah pelaku akan diserahkan ke pihak keluarga untuk dikebumikan," tegas Asep.