Nyaleg DPR RI, Syamsuar Nomor Urut 1 di Dapil Riau I

Syamsuar43.jpg
(Sigit Eka Yunanda/Riau online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan Daftar Calon Tetap (DCT) Calon Legislatif (Caleg) di DPR RI pada Pemilu 2024. Pada daftar tersebut, tercantum nama Gubernur Riau, Syamsuar menjadi Caleg DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Riau I dari Partai Golongan Karya (Golkar).

Syamsuar merupakan Gubernur Riau pada periode 2019-2024. Namun, satu bulan sebelum habis masa jabatannya, ia mengundurkan diri untuk memenuhi syarat KPU agar dapat ditetapkan sebagai DCT 2024. 

 

Surat Keputusan (SK) Pemberhentian Syamsuar yang dikeluarkan oleh Kemendagri baru saja akan diumumkan oleh DPRD Provinsi Riau pada hari ini, Sabtu, 4 November 2023. Usai mengundurkan diri, maka secara otomatis, jabatannya akan digantikan oleh Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution sebagai Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Riau.

 

Syamsuar mencalonkan diri sebagai DPR Rl  Daerah Pemilihan (Dapil) Riau I, yang membutuhkan suara masyarakat di Kabupaten Bengkalis, Kepulauan Meranti, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Siak, Kota Dumai, dan Kota Pekanbaru.

 


Ia ditetapkan dengan nomor urut 1 oleh partainya. Nomor urut ini sebelumnya merupakan nomor urut Nopa Riansyah pada Daftar Calon Sementara (DCS) lalu. 

 

Selain Syamsuar, ada pula mantan Gubernur Riau Arsyad Juliandi Rahman pada nomor urut 4. Sedangkan di nomor urut 2 terdapat nama Panel Baru, nomor urut 3 merupakan Karmila Sari, nomor urut 5 Maharani, nomor urut 6 Sudirman Almun dan nomor urut 7 adalah Ramos Teddy Sianturi.

 

Seluruh nama DCT dapat diakses melalui laman resmi KPU RI di https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Dct_dpr.