Rayakan HUT ke-66 Provinsi Riau, Syamsuar Pamer Pencapaian

HUT-ke-66-Riau.jpg
(Riau Online/Septri)

Laporan: MG Septri

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Gubernur Riau, Syamsuar menekankan semua pihak untuk terus menjaga persatuan kesatuan, kreativitas menjaga kualitas SDM dan SDA, serta menjunjung tinggi nilai norma dan adat istiadat.

Hal itu disampaikan Syamsuar saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Jadi ke-66 Provinsi Riau di Halaman Kantor Gubernur Riau, Rabu, 9 Agustus 2023 pagi.

Orang nomor satu di Riau itu menyampaikan amanatnya bahwa peringatan hari jadi ke-66 Riau tahun 2023 merupakan momentum penting bagi semua pihak untuk terus melangkah demi mewujudkan cita-cita pembangunan yang dicanangkan oleh tokoh-tokoh pendiri dan pejuang Riau dengan semangat patriotisme untuk mengangkat bumi lancang kuning ini.

"Ini menjadi harapan bersama untuk terus berbenah diri dan saling bersatu padu guna menyelesaikan beberapa persoalan kedepannya," ujarnya.

Dengan mengusung tema "Riau Bersatu" ini diharapkan menjadi refleksi dan muhasabah untuk melihat sudah sejauh mana pemerintah telah berkarya dan memberikan kontribusi dalam melaksanakan pembangunan. Tentunya, untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang adil dan makmur.

"Dengan mengazamkan Riau bersatu dan berkelanjutan tidak dapat dilakukan hanya oleh pemerintah provinsi Riau sendiri. Melainkan, diperlukan kerja sama antara pemerintahan pusat, pemerintah provinsi dengan pemerintah daerah kabupatan/kota, perguruan tinggi swasta, BUMN, BWMN, DPRD, intansi pemerintah, dan seluruh elemen masyarakat," tegasnya.

Dirinya menyebut, Provinsi Riau juga telah berhasil menjadi pusat perekonomian Sumatera yang ditandai dengan pertumbuhan ekonomi pada tri wulan kedua pada tahun 2023 sebesar 4,88%.

Sementara itu, Indeks Pembangunan Manusia Provinsi Riau pada tahun 2022 berhasil berada di peringkat ke 7 se-Indonesia dengan jumlah skor sebesar 73,52 kategori tinggi.


"Indeks Daya Saing Daerah (IDSD) capaian meningkat tahun 2022 dengan skor 3,16 meningkat dibandingkan dengan tahun 2021 dengan skor 2,98," jelasnya.

Diakhir sambutannya, Syamsuar memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Riau, TNI, Polri, Bupati, Walikota, BUMN, BUMD, Instansi swasta, perguruan tinggi, tenaga kesehatan, para ulama dan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh wanita, mahasiswa, dan seluruh masyarakat Riau atas kerja kerasnya dalam membangun Provinsi Riau menjadi lebih baik lagi kedepannya.

"Semoga kita selalu diberikan kesehatan kesempatan untuk memajukan Provinsi Riau yang lebih baik di masa akan datang atas segala ikhtiar dan kerja keras kita bersama," paparnya.

Sementara itu diakhir acara, dilakukan penyerahan piagam penghargaan dan lencana Wira Bina Desa kepada Bupati yang telah berpayah dan bekerja keras dalam memajukan dan memandirikan desa. Piagam penghargaan ini diberikan kepada bupati Bengkalis, bupati Siak, bupati Pelalawan, dan Bupati Kuantan Singingi.

Kemudian, penyerahan piagam penghargaan dan lencana Wira Bina Desa kepada Bupati yang telah berpayah dan bekerja keras dalam menuntaskan desa tertinggal. Piagam penghargaan ini diberikan kepada bupati Indragiri Hulu, bupati Rokan Hilir, Bupati Indragiri Hilir, dan Bupati Rokan Hulu.

Dalam hal ini, penyerahan piagam penghargaan dan lencana Wira Bina Desa kepada Bupati yang telah berpayah dan bekerja keras dalam menuntaskan desa tertinggal dan sangat tertinggal diberikan kepada bupati Kampar dan bupati Kepulauan Meranti.

Sementara itu, penyerahan mobil pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) keliling untuk mendukung pemberian pelayanan kependudukan terbaik kepada masyarakat di wilayah provinsi Riau. Serta satu set alat rekam dan alat cetak KTP (Kartu Tanda Penduduk) el-Mobile kepada kabupaten Kampar dan Kepulauan Meranti. Serta diikuti dengan penyerahan mushaf Al-Quran bernuansa melayu yang diambil dari berbagai ornamen melayu melalui karya buku Datuk Sri Tenas Effendy.

 

Turut dilakukan juga, penandatanganan buku Kurikulum Merdeka Paud, SD, SMP, SMA dan mata kuliah Budaya Melayu di Perguruan Tinggi.

Acara Peringatan HUT ke-66 Provinsi Riau ditutup dengan tarian masal Riau Bersatu yang ditarikan oleh 300 siswa dan siswi yang diutus dari SMA dan SMK seluruh kota Pekanbaru, yakni SMA Negeri 1 Pekanbaru, SMA Negeri 2 Pekanbaru, SMA Negeri 4 Pekanbaru, SMA Negeri 5 Pekanbaru, SMA Negeri 8 Pekanbaru, SMA Negeri 9 Pekanbaru, SMA Negeri 10 Pekanbaru, SMK Negeri 1 Pekanbaru, SMK Negeri 2 Pekanbaru, dan SMK Negeri 3 Pekanbaru.