Jaga Kehidupan Pesisir Inhil, Yayasan Mitra Insani Gelar Pemilihan Putra-Putri Mangrove

Pemenang-putra-putri-mangrove.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Memperingati Hari Mangrove Sedunia yang jatuh pada 26 Juli,  Yayasan Mitra Insani (YMI) melaksanakan beragam kegiatan dalam upaya penyelamatan dan perlindungan mangrove untuk kehidupan berkelanjutan. 

Salah satunya, dengan menggelar Pemilihan Putra-Putri Mangrove 2023 Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) sejak Kamis 27 - 29 Juli 2023 di Aula Hotel Elite tembilahan.

Direktur YMI, Herbet Linto Retto Panggabean, dalam sambutannya menyampaikan upaya penyelamatan dan perlindungan ekosistem mangrove ini diperlukan kolaborasi bersama.

"Baik itu dari masyarakat, pemangku kepentingan serta berbagai pihak dengan tujuan perlindungan mangrove untuk kehidupan berkelanjutan, " ujarnya

Ia juga menyebut dengan hadirnya ajang Putra-Putri Mangrove menjadi wadah dalam menjaring generasi muda di Kabupaten Indragiri Hilir untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang pentingnya memelihara keutuhan ekosistem alam. 


"Kami berharap terpilihnya Putra-Putri Mangrove dapat menjadi semangat baru dalam upaya penyelamatan dan perlindungan ekosistem mangrove di Kabupaten Indragiri Hilir yang nantinya akan terlibat langsung dalam aktivitas di lapangan ataupun melalui kampanye kreatif," jelasnya.

Sementara, Bupati Indragiri Hilir yang diwakilkan oleh Asisten I menambahkan penting bagi kita mengulang pesan bahwa peranan hutan mangrove untuk mendukung kehidupan di wilayah Pesisir sangat vital. 

"Mari kita menjaga hutan mangrove, menjaga lingkungan kita agar bisa dinikmati untuk generasi selanjutnya," pungkasnya. 

Sebelumnya, rangkaian kegiatan Peringatan Hari Mangrove Sedunia di Kabupaten Indragiri Hilir dilakukan bersama masyarakat umum diantaranya penyelenggaraan jalan santai sehat, talkshow bertajuk Mangrove dan Pengelolaan Sumber Dayanya, Pengumuman pemenang Putra-Putri Mangrove Inhil yaitu Zaskia Putri dan Raja Zidan Adamme di malam puncak pada Minggu 30 juli 2023. Serta dimeriahkan dengan kehadiran band lokal Riau yakni Pasar Wadai Jamaica, Beekibo (Konkrit Genggaman). 

Sekaligus, dalam kesempatan yang sama,  dilaksanakan penandatanganan perjanjian kerjasama Desa Mandiri Peduli Mangrove (DMPM) antara YMI, Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) dan desa dampingan yaitu Desa Igal dan Pulau Cawan Kecamatan Mandah, Desa Sungai Piyai, Tanjung Melayu, dan Kelurahan Sapat Kecamatan Kuala Indragiri.