Eddy Yatim Bersyukur Masih Ada Semangat Reformasi Sistem Pemilu Terbuka

Eddy-Moh-Yatim4.jpg
(riau online/Bagus Pribadi)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Ketua Komisi I DPRD Riau, Eddy A Mohd Yatim, mengapresiasi putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang memutuskan sistem Pemilu proporsional terbuka untuk Pemilu 2024.

Eddy menjelaskan, keputusan Pemilu proporsional terbuka ini membuktikan MK memahami poin-poin konsep dasar mengenai Pemilu.

Hal itu dikatakannnya, sebab, sistem pemilu proporsional terbuka memberikan ruang bagi masyarakat, untuk memilih orang-orang yang akan diberi amanah mewakili suaranya di parlemen.

"Dengan keputusan ini, jadi sistem demokrasi kita masih sesuai dengan semangat reformasi 1998, yang menuntut transparansi," ujar politikus Partai Demokrat itu, Kamis, 15 Juni 2023.

Eddy menuturkan, sebenarnya baik pemilh sistem proporsional terbuka maupun tertutup memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Namun tetap saja, sistem pemilu proporsional terbuka masih lah yang terbaik. 


"Kekurangan dan kelebihan itu pasti ada, jadi saya berharap sistem ini bisa melahirkan para wakil-wakil rakyat yang sesuai harapan rakyat, dan kepada semua Caleg mari ber-Pemilu dengan baik dan sesuai konstitusi," pungkasnya.