5 Tip Mengurangi Bau Mulut saat Berpuasa dari Kementerian Kesehatan

Bau-mulut2.jpg
(Dok Kemenkes)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Memasuki Bulan Ramadan seluruh umat muslim diwajibkan untuk berpuasa dan memberikan kebahagian tersendiri bagi umat muslim lainnya dengan memperbanyak ibadah membaca alquran.

Selain karena dapat lebih memaksimalkan ibadah dan pahala yang dilipatgandakan, tapi juga puasa dapat memberikan kesehatan pada tubuh serta mengontrol kadar gula dan lemak dalam tubuh.

Namun demikian, terkadang kita merasa kurang percaya diri dengan bau mulut yang muncul.

Bau mulut yang muncul selama kita berpuasa, biasanya dipicu oleh beberapa hal, di antaranya adalah makanan yang kita konsumsi saat santap sahur yang cenderung berbau menyengat.

Sehingga menyebabkan bakteri berkembang biak dengan cepat, selain itu bau mulut juga dapat muncul dari dalam tubuh kita sendiri, seperti yang dialami oleh pasien pengidap diabetes atau maag.

Setelah mengetahui beberapa penyebab dari timbulnya bau mulut selama puasa, maka mari kita masuk ke tips mengurangi bau mulut selama puasa.

Berikut tips mengurangi bau mulut selama berpuasa, dikutip RiauOnline.co.id dari upk.kemkes.go.id, Kamis, 23 Maret 2023.


1. Minum air putih 2 - 3 liter perhari ketika sahur atau berbuka puasa,

2. Menggosok gigi dengan sempurna dan menggosok lidah, serta gunakan obat kumur untuk hasil mulut yang bersih secara maksimal,

3. Menghindari makanan yang berbau tajam atau menyengat (jengkol, pete) ,

4.Hindari tidur terlalu lama, karena hal ini akan memicu bau mulut yang tidak sedap

 

5.Tidak merokok saat berbuka dan sahur.

Untuk nomor lima, kemungkinan berat ditinggalkan oleh penduduk Indonesia yang mayoritas perokok. Namun jika ingin mulut tidak bau hendaklah dikurangi.

Itulah tips mengurangi bau mulut selama bulan puasa, so jika ada tambahan akan kita sampaikan pada berita selanjutnya.