Pendampingan CSR Pertagas di Siak Sukses Kembangkan Budidaya Udang Lobster Tawar

PT-Pertagas18.jpg
(PT Pertagas)

RIAU ONLINE, SIAK-PT Pertamina Gas (Pertagas) yang merupakan afiliasi dari Subholding Gas Pertamina sukses melakukan pendampingan budidaya udang lobster tawar di Desa Tasik Seminai, Kecamatan Koto Gasib Kabupaten Siak Sri Indrapuram, Riau. Pendampingan ini merupakan bagian dari program CSR Pertagas Operation Dumai Area (Pertagas ODA).

Program yang melibatkan kelompok budidaya udang lobster di desa tersebut diinisiasi pada awal bulan Juli 2022. Pada bulan November ini berhasil berkembang pesat, dimana di awal budidaya hanya terdapat 10 indukan udang, saat ini sudah berkembang dengan anak udang usia 2,5 bulan, 1 bulan dan benih udang usia 1 minggu dengan total udang yang berkembang sebanyak 800 ekor.

Hamid selaku ketua Kelompok Tasik Seminai Makmur saat dijumpai menceritakan pengalamannya ketika merintis budidaya udang lobster tawar. Dulu dia hampir berputus asa dikarenakan indukan udang yang tidak berkembang dan banyaknya benih yang mati.

Minimnya ilmu dan pengalaman membudidayakan udang juga masalah pH air yang tidak pas pernah membuat Hamid berniat untuk tidak melanjutkan program budidaya ini.

Bersyukur Pertagas hadir memberikan pendampingan dan fasilitas sarana budidaya memberikan dampak positif bagi kelompok, “Bantuan itu menumbuhkan kembali semangat kami. Budidaya udang lobster tawar sudah berkembang, benih udang juga mulai tumbuh,” ujar Hamid.

Perkembangan positif di Desa Tasik Seminai menjadi bukti komitmen dari Pertagas ODA untuk tumbuh bersama masyarakat melalui Program CSR yang fokus pada pemberdayaan dan pengembangan potensi warga di sekitar area operasi perusahaan

Elok Riani Ariza Manager Communication, Relations & CSR Pertagas menyampaikan rasa bangga atas keseriusan kelompok dalam upaya mengembangkan budidaya udang lobster tawar., “Budidaya lobster air tawar ini merupakan yang pertama di Desa Tasik Seminai. Harapannya kedepan dapat menjadi sentral pasok kebutuhan udang yang ada di Riau dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat”.


 

 

Kesuksesan pendampingan yang dilakukan Pertagas ini sejalan dengan visi CSR perusahaan yang memberikan nilai tambah berkelanjutan bagi kehidupan masyarakat dan tetap selaras dengan bisnis perusahaan. Kedepannya Pertagas akan terus mengembangkan berbagai program untuk mendukung capaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.