PDIP Sebut Bacaleg yang Mendaftar untuk DPRD Riau Sudah Mebihi Kuota

Sugeng-Pranoto.jpg
(Bagus Pribadi/RIAUONLINE.CO.ID)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Pendaftar bakal calon legislatif PDI-Perjuangan Riau untuk DPRD Provinsi pada Pemilu 2024 melebihi dari kuota yang ditetapkan. 

 

Anggota DPD PDIP Riau, Sugeng Pranoto, mengatakan, jumlah pendaftar dari Dapil Pekanbaru saja sudah 31 orang dari 8 kuota. Bahkan, masih ada masyarakat yang ingin mendaftar. 

 

 

"Dan kami pun belum menutup pintu bagi masyarakat yang kami nilai punya potensi untuk diusung di Pemilu 2024 nanti," kata Sugeng, Sabtu, 29 Oktober 2022.

 


Lebih lanjut ia mengatakan, para pendaftar bakal Caleg dari Dapil lain juga banyak yang mendaftar, rata-rata dua kali lipat dari kuota yang sebelumnya ditetapkan partai. 

 

"Misalnya di tempat saya Inhu-Kuansing itu banyak. Di dapil saya itu yang daftar sudah 18 orang dari kuota yang hanya delapan," ujar Sugeng. 

 

Dia menjelaskan, pihaknya akan melakukan seleksi ulang kepada para bakal Caleg yang telah mendaftar ke partainya itu. Selanjutnya, nama-nama yang memenuhi kriteria akan diserahkan ke DPP PDIP. 

 

"Nanti di tingkat DPP akan ada seleksi lebih lanjut untuk memutuskan nama-nama yang bakal diusung," katanya.

 

 

 

Ia menjelaskan, DPP akan memanggil sekretaris, ketua, dan dan bendahara DPD untuk diminta pertimbangan saat melakukan seleksi. Terutama, imbuhnya, mengenai popularitas dan basis massa bakal caleg tersebut. 

 

"Misalnya menanyakan berapa banyak massanya, dia seorang ustaz atau pensiunan PNS juga jadi pertimbangan. Atau pendaftar caleg ini pengusaha kontraktor yang sudah malang melintang di dunia kontraktor," tutupnya.