Mau Diet tapi Tetap Bisa Makan Enak? Kamu Bisa Coba 3 Tips Berikut

Diet2.jpg
(octdigest.id)

Laporan Indah Lestari

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Banyak orang gagal paham soal diet. Mengurangi porsi makan secara berlebih, olahraga mati-matian, minum obat ini dan itu, bahkan sampai ada yang membahayakan kesehatannya sendiri.

Padahal, diet itu persoalan keseimbangan pola makan dan aktivitas yang jadi rutinitas kita. Kalau apa yang tubuh kita asup dan keluarkan sama besar, maka bisa dipastikan tubuh atau berat badan jadi ideal.

 

Berikut tiga jenis diet enak dan sehat yang bisa kamu coba!

1. Diet Defisit Kalori

Diet defisit kalori atau yang juga dikenal dengan diet rendah karbohidrat, merupakan jenis diet paling populer di dunia. Banyak orang menilai, diet ini sangat efektif dalam menurunkan berat badan, bahkan dalam waktu yang terbilang singkat.

Melansir klikdokter.com, diet ini dapat dilakukan dengan mengetahui berat badan ideal melalui tinggi badan terlebih dahulu. Lalu, mengakumulasikan kebutuhan energi harian dengan koefisien aktivitas fisik. Setelahnya, barulah mengurangi jumlah karbohidrat atau kalori untuk tubuh sebesar 500-1000 Kkal.

Saat melakukan defisit kalori, kita tetap perlu mengimbanginya dengan sumber nutrisi lain yang lebih kompleks. Bukan memangkas asupan karbohidrat, melainkan membatasinya.

 


2. Intermittent Fasting

Intermittent fasting atau sama dengan diet puasa. Diet yang mengatur jadwal makan seperti sedang berpuasa, selama jangka waktu yang telah ditentukan dan disesuaikan.

Levelshealth.com

Dikutip dari cnnindonesia.com, pilihan metode pada diet ini yaitu 16/8, yang berarti 16 jam puasa dan 8 jam waktu makan. Tentunya dengan tetap beraktivitas normal dan olahraga yang sehat.

 

3. Diet Volumetrics

Sesuai namanya, diet volumetrics mengutamakan volume makan dengan porsi besar. Diet ini cukup populer karena dinilai sederhana untuk dilakukan.

Volumetrics diet

womenshealthmag.com

Rasa kenyang jadi hal terpenting dalam proses diet ini. Tujuannya agar kita tetap bisa diet tanpa mudah merasa lapar. Hampir semua jenis makanan boleh dikonsumsi walau dalam jumlah banyak, asal rendah kalori.

 

Tipsnya, hindari makanan berbahan minyak dan mentega. Gantilah lemak jahat tersebut dengan lemak sehat, seperti makan ikan dan kacang. Konsumsi makanan berlemak tidak dilarang jika jumlahnya sangat sedikit.

Itulah tiga jenis diet yang aman untuk dilakukan. Tetap enak dan sehat. Selamat mencoba!