Gubri Serahkan Ratusan Wakaf Al-Quran di MAN 1 Pekanbaru

Syamsuar517.jpg
(Dok pribadi MAN 1)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Gubernur Riau Syamsuar menyerahkan 116 wakaf Alquran untuk tahfidz Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pekanbaru, Jalan Bandeng, Kota Pekanbaru, Jumat 7 Oktober 2022. 

 

Dalam sambutannya, Gubri Syamsuar mengatakan kehadirannya bukan hanya sekedar menyerahkan Alquran saja, namun memberikan motivasi kepada siswa siswi untuk gemar terhadapa Alquran.

 

“Kami datang ke sini dalam rangka untuk memberikan Alquran, tujuannya tentu agar syiar quran bergema di bumi melayu ini,” kata Gubri Syamsuar di Halaman MAN 1 Pekanbaru.

 

Diceritakan Gubri Syamsuar, saat menginjakkan di tanah suci Mekkah dan Mesir, ia besilahturahmi dengan anak-anak asli Riau yang berkuliah di sana. 

 

Anak-anak yang berasal dari Provinsi Riau paling banyak kuliah ke luar negeri yakni ke Mesir, bahkan berjumla 631 orang.

 


“Di sana terdapat sebanyak 631 orang anak dari daerah kita [Riau]. Saya bangga mendengar cerita dari rektornya, karena anak-anak Riau yang kuliah di sana pintar dan baik-baik tidak ada berkelakuan macam-macam. Sehingga saya terkesima, tidak sia-sia orang tuanya mengantarkan anak-anak itu untuk belajar di sana,” jelasnya.

 

Diungkapkan Syamsuar, ia juga sempat berkunjung ke sebuah majelis atau tempat pendidikan Alquran Maqari Quraniyah (Quran Center) yang dipimpin oleh tuan syekh Dr. Abdullah Jarullah yang berprofesi dokter dan hafizh Alquran.  

 

“Sesampainya saya di tempat beliau [Dr. Abdullah Jarullah], baru sekali itu saya melihat pemberian sanat. Kebetulan yang mendapat sanat ini adalah anak dari Nigeria. Jadi, saya tanya kepada dia berapa tahun untuk mendapatkan sanat ini? ternyata empat tahun. Dia juga bilang kita bisa hafal Alquran satu tahun tapi untuk mendapatkannya [sanat] belum tentu,” terangnya.

 

“Jadi karena itulah, bermimpi lah kalian agar bisa mendapatkan sanat ini. Karena kami selaku pemimpin Provinsi Riau telah mempersiapkan majelis Alquran yang sekarang sudah dibangun,” tambahnya. 

 

Saat pertemuan di Arab Saudi itu juga Gubri menyampaikan hajatnya kepada pemimpin Maqari Quraniyyah (Quran Centre). Sehingga para majelis di sana menaruh harapan agar Provinsi Riau menjadi tempat percontohan penghapal Al-quran di Asia.

 

 

 

“Saya mohon dukungan dan doa dari anak-anak kami [siswa MAN 1 Pekanbaru]. Saya pun siap dengan segala tenaga dan pemikiran yang saya miliki serta saya sudah mengajak para-para ahli agama untuk mempersiapkan segalanya. Ini merupakan langkah awal kita akan belajar secara virtual dengan para ahli Alquran di Arab Saudi,”  pungkasnya.