Tingginya Permintaan Negeri Bollywood Kerek Harga CPO Tanah Air

Minyak-sawit.jpg
(Shutterstock via Suara.com)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Harga komoditas minyak sawit mentah crude palm oil (CPO) naik di sesi perdagangan minggu ini. Untuk Provinsi Riau harga CPO Rp11.025,87 per kg dan harga Kernel Rp6.399.49 per kg.

 

Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Dinas Perkebunan Provinsi Riau, Defris Hatmaja mengatakan kenaikan harga CPO  disebabkan oleh lonjakan ekspor di tengah permintaan yang naik dari India menjelang hari raya besar.

 

"India yang merupakan importir utama CPO dunia, kembali meningkatkan permintaan akan CPO Indonesia," ujar Defris Hatmaja, Selasa 27 September 2022. 

 

Diungkapkan Defris, India meningkatkan permintaannya untuk bersiap menghadapi festival besar di India yakni Diwali pada Oktober mendatang.

 

"India secara agresif membeli minyak sawit dari Indonesia karena harga menarik dan permintaan festival semakin dekat, Menurut The Solvent Extractors' Association of India (SEA) bahwa total permintaan India tersebut meningkat tiga kali lipat dari Indonesia, jika dibandingkan dengan periode empat bulan sebelumnya," tukasnya. 


 

 

Selain itu, dibanding CPO asal Malaysia, minat konsumen dari Negeri Bollywood terhadap CPO dari Indonesia memang cukup tinggi saat ini.

 

Hal tersebut terjadi seiring dengan kebijakan pemerintah Indonesia yang kembali memperpanjang periode insentif pembebasan pungutan ekspor hingga 31 Oktober 2022. Hal tersebut membuat harga CPO asal Indonesia tampak lebih murah dibandingkan dari Malaysia.