Korban Terakhir Kapal Motor yang Tenggelam di Rohil Ditemukan Meninggal

Korban-Tenggelam11.jpg
(Dok Basarnas)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Dua dari tiga korban Kapal motor yang tenggelam di Perairan Panipahan, Kabupaten Rokan Hilir, Riau, Rabu, 1 Juni 2022 sekitar pukul 18.15 WIB ditemukan meninggal dunia. 

 

Identitas korban tersebut diketahui, Beny (34) ABK ditemukan selamat, dua lagi atas nama Hero (56) Nahkoda, dan Johan (25) Pegawai PT Triasmitra ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. 

 

Kepala kantor SAR Pekanbaru, Ishak menjelaskan pencarian kedua korban dilakukan bersama tim Gabungan Basarnas dan pihak PT Triasmitra. 

 

 

"Dengan ditemukannya korban terkahir atas nama Johan, maka operasi SAR kita nyatakan berakhir," ujar Ishak, Sabtu, 4 Juni 2022.

 

Johan sempat ditemukan oleh Nelayan yang tengah melintas dan membawanya ke pulau dekat penemuan, namun karena kondisi cuaca buruk tim kesulitan menuju LKP tersebut. 

 

"Korban sampai di Panipahan sekitar pukul 11.00 WIB. Rencana mau dibawa ke Selat Panjang oleh namun tidak jadi karena kondisi laut tidak memungkinkan untuk berlayar," pungkasnya. 

 


Sebelumnya diketahui, Sebuah Kapal Motor Kayu Tubrukan (Revisi) mengalami kecelakaan hingga terbalik di Perairan Panipahan, Kabupaten Rokan Hilir, Riau, Rabu, 1 Juni 2022 sekitar pukul 18.15 WIB. 

 

Akibatnya, tiga orang penumpang di atas kapal tersebut, dua dikabarkan hilang dan satunya lagi selamat. 

 

Kepala Kantor SAR Pekanbaru, Ishak menceritakan kronologis kejadian kapal motor kayu terbalik ini. 

 

"Kapal Motor Kayu milik PT. Triasmitra dengan 3 POB (Nakhoda, ABK & 1 pegawai PT. Triasmitra) berangkat dari Panipahan untuk melakukan check point kabel bawah laut," ujar Ishak, Kamis, 2 Juni 2022.

 

Selanjutnya, setelah selesai melakukan pengecekan, Kapal motor yang berniat balik pulang ditubruk oleh kapal besi bewarna orange sekitar pukul 03.00 WIB. 

 

"Kapal korban terbalik & tenggelam, adapun 3 POB sempat mengapung dengan jerigen, namun ketiganya terpisah dan 1 POB (Personal On Board) atas nama Beny diselamatkan oleh kapal nelayan yg melintas," terang Ishak. 

 

Pada Kamis, 2 Mei 2022 Pukul 07.00 WIB, Tim SAR Gabungan kembali melaksanakan briefing pagi dilanjutkan pencarian dua orang korban yang masih belum ditemukan.

 

"Kedua korban kita cari dalam radius 5 KM dari LKP bersama BPBD, Polairud, dan Masyarakat setempat," tutup Ishak.