Irjen Iqbal Panen Jagung dan Cabai di Lahan Polda Riau: Cerdas Mengelola Aset Negara

Irjen-Mohamad-Iqbal31.jpg
(Dok Polda Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal melakukan panen perdana tanaman hortikultura berupa jagung dan cabai keriting di lahan milik Polda Riau di Desa Karya Indah, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Jumat 20 Mei 2022.

Di atas lahan 108 Ha tersebut, 8 Ha di antaranya sudah dimanfaatkan dengan ditanam jagung dan cabai oleh pihak penyewa, PT Anomali Lumbung Arta.

“Saya hadir di sini melanjutkan kinerja dari pimpinan terdahulu dan mudah mudahan sukses untuk penggarapannya agar mendapatkan benefit yang baik pula. Polda Riau sangat berterimakasih dan siap mengupayakan koordinasi lebih baik lagi kedepannya agar ketahanan pangan kita terjaga dengan baik,” ungkap Iqbal.

 

Lahan seluas 108 Ha milik Polda Riau tersebut telah dilakukan pemanfaatan dengan menyewakan aset Barang Milik Negara (BMN) berupa tanah dipergunakan oleh PT Anomali Lumbung Artha.

Dari luas 108 Ha itu, 30 Ha di antaranya sudah ditanami oleh PT Anomali Lumbung Arta. Sebelumnya, lahan itu merupakan hutan dan semak belukar setinggia 2 hingga 3 meter dan baru dibersihkan akhir tahun 2021 silam.

 


Kapolda Riau, Irjen Pol M Iqbal lakukan cabai di lahan milik Polda Riau di Desa Karya Indah Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Jumat, 20 Mei 2022/Dok Humas Polda Riau

 

Kapolda Riau Irjen Iqbal mengingatkan bagaimana jajarannya harus cerdas dalam mengelola aset yang dimiliki dan bermanfaat bagi masyarakat serta negara.

Selanjutnya, pemanfaatan sewa aset BMN berupa tanah tersebut telah mendapatkan persetujuan dari Menteri Keuangan melalui surat Nomor: S-3/MK.6/KNL.0303/2022 tanggal 8 Maret 2022 untuk jangka waktu sewa selama 3 (tiga) tahun dengan sejumlah nilai sewa dan sudah dibayarkan langsung ke Kas Negara kategori Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

 

Direktur PT Anomali Lumbung Artha, Yogy Antoro mengatakan, kerja sama dengan Polda Riau dalam rangka mendukung ketahanan pangan digelorakan pemerintah.

“Kami mendapatkan informasi lahan dimiliki oleh Polda Riau, kami berupaya agar bisa kami olah menjadi lahan produksi. Saat ini kami menanam jagung dan cabe. Kami optimistis dalam beberapa tahun ke depan hasilnya akan lebih maksimal,” ujar Yogy Antoro.