Marwan Yohanis Dorong Pelajar Kuliah di PTN di Riau: Manfaatkan Beasiswa Daerah

Pelajar4.jpg
(IDN Times)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Anggota Komisi V DPRD Riau, Marwan Yohanis, menyoroti para pelajar yang baru menyelesaikan pendidikannya di jenjang SMA/SMK.

 

Menurut dia, bagi pelajar yang memang harus melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi sebaiknya ke kampus-kampus yang ada di Riau.

 

"Bagi yang harus ke perguruan tinggi, pergilah ke kampus-kampus di Riau, yang memang sudah baik. Melalui jalur yang ada. Jangan menggunakan jalan pintas," kata Marwan, Kamis, 12 Mei 2022.

 

Politikus Gerindra itu berkata agar menerapkan ilmu dalam segala bidang, sehingga tak hanya menempel di kertas ijazah saja.

 

"Ilmu itu jangan menempel di kepala saja. Kalau ingin masuk perguruan tinggi atau bekerja bawa kepalanya, jangan kertas ijazah saja," terangnya.

 

Mengenai pelajar yang hendak langsung bekerja, ia menuturkan bekerja mungkin saja jalan yang tepat bagi yang sudah punya keterampilan dan kesempatan untuk langsung bekerja.


 

"Nanti di masa-masa kerja bisa melanjutkan pendidikan. Kalau untuk di Riau lapangan pekerja untuk setara SMA/SMK ya pekerja biasa. Kalau untuk kerja lapangan yang ada memang masih kerja 'kasar'. 

 

Kendati begitu, ia berharap agar para pelajar tetap melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, mengingat ada berbagai bantuan pemerintah seperti beasiswa.

 

"Belum lagi di setiap kabupaten sudah punya perguruan tingginya masing-masing. Jadi manfaatkan lah itu," pungkas Marwan.