Pertamina Pastikan Ketersedian Stok BBM di Riau saat Mudik Lebaran

Petugas-SPBU2.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Aktivitas masyarakat jelang Idulfitri untuk mudik ke kampung halaman membuat lalu lintas jalanan semakin padat. Kendati demikian, PT Pertamina Patra Niaga menjamin ketersediaan stok BBM selama arus mudik tersebut. 

"Pertamina menjamin ketersediaan stok BBM bagi masyarakat, hingga saat ini stok BBM untuk wilayah Riau bisa mencukupi hingga 7-9 hari ke depan," kata Section Head Communication & Relation PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Agustiawan, Kamis 28 April 2022.

 

Dikatakan Agustiawan, berdasarkan pantauan data sales SPBU Jalur Pekanbaru-Bangkinang, saat ini belum mengalami peningkatan yang signifikan.

 

 

"Sementara untuk jalur tol Permai di SPBU Modular Km 45A dan Km 65B sudah terjadi kenaikan sekitar 50 persen dari rata-rata penjualan harian di SPBU Modular tersebut," tuturnya.

 

Namun, Agustiawan menyebut pihaknya telah memprediksi kenaikan arus mudik pada Ramadan tahun ini. Oleh karena itu, Pertamina menyiapkan beberapa SPBU tambahan (SPBU Kantong) di sejumlah lokasi.

 


"SPBU kantong tersebut dipersiapkan ketika ada lonjakan di beberapa SPBU. SPBU kantong merupakan istilah bagi mobil tangki dengan kapasitas penuh yang disiagakan di SPBU-SPBU tertentu sehingga bila terjadi lonjakan konsumsi tinggi dan kemacetan di sekitar SPBU, maka mobil tangki tersebut secara cepat dapat menambah stok di SPBU tersebut," jelasnya.

 

Selain itu, Pertamina juga telah menyiapkan SPBU Modular seperti di Jalan Tol Dumai-Pekanbaru. 

 

"Kami juga menyiapkan dua SPBU modular, yang pertama di KM 45 A dan kemudian Km 65 B. Kami juga menyiapkan SPBU pendukung yang ada di exit tol," tuturnya.

  

Dengan demikian, Agustiawan berharap persiapan ini dapat membantu masyarakat dalam mendapatkan keperluan dari bahan bakar minyak (BBM).