Usai Perjalanan Luar Negeri, Wako Firdaus Akui Terpapar Covid-19

firdd.jpg
(Laras Olivia/RIAUONLINE.)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Setelah rehat total satu pekan lebih, Wali Kota Pekanbaru, Firdaus akhirnya kembali beraktivitas. Dirinya menyebut harus menjalani isolasi dan istirahat total karena terpapar Covid-19.

Firdaus terpapar Covid-19 untuk ketiga kalinya. Padahal dirinya sudah mendapat suntik vaksin hingga dosis ketiga atau vaksin booster.

"Tadinya saya pikir saya flu biasa, setelah dicek ternyata positif sehingga saya harus istirahat total," ujarnya usai meninjau Gerakan 1 Juta Vaksinasi Booster Jelang Idul Fitri 1443 H di Gedung Guru Kota Pekanbaru, Kamis 21 April 2022.


Namun dirinya tidak mengetahui jenis varian Covid-19 apa yang membuatnya istirahat selama satu pekan ini. Ia mengalami gejala ringan sebelum akhirnya dinyatakan positif Covid-19.

Menurutnya, orang yang sudah vaksin hanya mengalami gejala ringan ketika terpapar Covid-19. Proses penyembuhannya lebih cepat dibanding yang belum suntik vaksin sama sekali.

Ada kemungkinan ia terpapar ketika kontak dengan masyarakat dalam kondisi kurang sehat. Apalagi ada sejumlah orang mengajaknya foto bersama sembari melepas masker.

Firdaus memenuhi ajakan untuk membuka masker tanpa mengetahui kondisi kesehatan orang di sekelilingnya. Ia menyebut bahwa ketika dirinya bertemu dengan orang banyak dan membuka masker hal itu membuatnya terpapar Covid-19.

Kondisi kesehatan Firdaus menurun serta punya gejala batuk dan pilek setelah pulang dari Maroko dan Turki. Terhitung sudah lebih seminggu dirinya belum mengikuti aktivitas maupun agenda penting di Pekanbaru.

Firdaus pun belum bisa hadir dalam rapat paripurna di DPRD Kota Pekanbaru. Satu agenda paripurna yakni Penyampaian Pidato Pengantar Wali Kota Pekanbaru Terhadap LKPj Kepala Daerah Kota Pekanbaru Akhir Tahun Anggaran 2021.