Di Hadapan Syamsuar, Ustaz Zulfikar Sebut 4 Golongan yang Dirindukan Surga

syamsuar285.jpg
(Muthi Haura/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Di hadapan Gubernur Riau (Gubri) dan para jamaah Masjid Sabilillah, ustadz Zulfikar sampaikan empat golongan yang dirindukan surga.

 

Golongan pertama, orang yang gemar membaca Al Quran (Taalil Qur'an). Golongan pertama adalah orang-orang yang lisannya senantiasa digunakan untuk membaca kalam Allah SWT disetiap waktu  Saat keadaan lapang maupun sempit.

 

Orang yang selalu menjaga lisannya dari berkata kotor, mencaci-maki, dan menghujat (Wa Haafidzii lisan).

 

Golongan kedua, orang yang memberi makan terhadap orang yang kelaparan (Wa Muth'mimul Jii'an). Golongan ketiga adalah orang yang senantiasa membantu orang yang membutuhkan. 

 

"Allah akan membalas kebaikan yang dilakukan oleh hambanya. Bahkan, kelak di hari kiamat Allah SWT akan memberikan makan dari buah-buahan surga," katanya, Jum'at, 8 April 2022, malam.


 

Untuk golongan keempat, Zulfikar menjelaskan, orang yang berpuasa di bulan Ramadhan (Wa Shooimiina Fi Syahri Ramadhan).

 

Puasa dibulan ramadan merupakan kewajiban yang harus dilakukan umat Islam. Kewajiban berpuasa terdapat dalam surah Al Baqarah ayat 183. 

 

"yā ayyuhallażīna āmanụ kutiba 'alaikumuṣ-ṣiyāmu kamā kutiba 'alallażīna ming qablikum la'allakum tattaqụn. Yang artinya, wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa," ujarnya.

 

Zulfikar menjelaskan, surah Al-Baqarah ayat 183 turun saat nabi Muhammad tiba di Madinah tahun kedua hijriyah. Puasa diharapkan agar menjadikan umat Islam menjadi sosok yang bertaqwa.

 

"Taqwa itu artinya ikuti yang Allah sukai dan jauhi yang dilarang," pungkasnya.

 

Diketahui, Syamsuar menggelar kegiatan safari ramadan 1443 H  di Masjid Sabilillah di Desa Pedekik Bengkalis, Jum'at, 8 April 2022.