Vaksin Booster Jadi Syarat Mudik Lebaran 2022, Ini Reaksi Kadis Kesehatan

Zaini-Rizaldy12.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Vaksin Covid-19 booster ternyata menjadi satu syarat untuk mudik pada musim Lebaran 2022. Kebijakan ini disampaikan Presiden RI, Joko Widodo bahwa aktivitas Ramadan tidak ada pembatasan.

Namun bagi yang hendak mudik lebaran mesti mendapat vaksinasi lengkap dan vaksin booster atau dosis ketiga. Sayangnya capaian vaksinasi booster di Kota Pekanbaru masih rendah.

Data dari Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, secara umum capaian vaksin booster atau dosis ketiga baru 96.630 orang dari total sasaran penerima vaksin sebanyak 748.096 orang

Capaian terbanyak yakni vaksin booster untuk usia 18 tahun hingga 59 tahun. Capaiannya yakni 89.019 orang dari target sasaran sebanyak 600.161 orang.

Sedangkan capaian vaksin booster bagi lansia di Kota Pekanbaru masih rendah. Capaiannya baru 7.611 dari target sasaran sebanyak 52.759 orang.

"Jadi untuk booster, yang boleh diberikan itu hanya bagi lansia dan dewasa," jelas Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy Saragih kepada riauonline.co.id, Selasa 29 Maret 2022.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy tidak menampik bahwa capaian vaksin booster masih rendah. Sedangkan kebijakan vaksin booster untuk mudik masih menanti petunjuk teknis dari kementerian terkait.

"Saat ini baru penyampaian dari presiden, kita masih menanti petunjuk teknis. Untuk teknisnya belum ada surat resminya," ujar pria yang akrab disapa dr Bob.


Dirinya menyampaikan bahwa tidak ada syarat khusus untuk mendapat suntikan vaksin booster. Mereka hanya harus memastikan sudah tiga bulan mendapat suntikan vaksinasi lengkap.

Mereka yang sudah mendapat vaksin dosis kedua pada tiga bulan lalu sudah bisa mendapat suntikan vaksin dosis ketiga. Ia mengimbau masyarakat untuk mengakses layanan kesehatan baik di puskemas maupun rumah sakit agar bisa mendapat suntik vaksin dosis ketiga.

Pihaknya memastikan pasokan vaksin booster masih mencukupi. Ada dua jenis vaksin dosis ketiga yang tersedia yakni Pfizer dan Astrazeneca.

Zaini menyebut bahwa capaian vaksinasi Covid-19 secara umum di Kota Pekanbaru untuk dosis pertama sudah 115,41 persen. Sedangkan capaian vaksinasi dosis kedua baru 95,08 persen.