7 Ribu Keluarga Penerima Manfaat Pekanbaru Belum Terima Bansos PPKM 2020

Penerima-bansos2.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Dinas Sosial Kota Pekanbaru mendata masih ada 7.000 Keluarga Penerima Manfaat atau KPM terdampak Covid-19 di Kota Pekanbaru belum mendapat bantuan dari pemerintah pusat.

Mereka mestinya mendapatkan bantuan tersebut pada masa PPKM tahun 2020 lalu. Bantuan yang telah disalurkan baru 59 persen dari total 17.000 KPM.

Dinas Sosial Kota Pekanbaru mendapat instruksi dari Kementerian Sosial RI. Mereka pun sedang melakukan upaya percepatan terhadap bantuan bagi masyarakat terdampak Covid-19.

Penyaluran bantuan harus tuntas pada pertengahan bulan ini. Awalnya baru 40 persen masyarakat penerima bantuan yang sudah mendapat bantuan itu.


"Menteri pun memberi instruksi agar penyalurannya tuntas pada 15 Februari nanti," jelas Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru, Idrus, Rabu 9 Februari 2022.

Menurutnya, Kementerian Sosial sudah mendorong percepatan penyaluran bantuan tersebut. Ia mengatakan bahwa jumlah KPM yang telah menerima bantuan itu sebanyak 10.000 KPM.

"Penyaluran ini langsung oleh perbankan yang ditunjuk ke KPM, sedangkan Dinas Sosial hanya memfasilitasi percepatannya," jelasnya.

Total bantuan yang diberikan Rp 1.200.000 untuk setiap KPM. Penyaluran uang tunai Rp 200.000 dalam waktu enam bulan.