4 Makna dan Keindahan Lirik Lagu Laksmana Raja Di Laut

Iyeth-Bustami9.jpg
(open.spotify.com)

Laporan Linda Mandasari

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Setiap lagu mempunyai tujuan tertentu yang ingin disampaikan kepada masyarakat sebagai pendengarnya.

Lagu berisi barisan kata-kata yang dirangkai secara baik dengan gaya bahasa yang menarik dan dibawakan penyanyinya dengan suara merdu.

Seperti pada seorang penyanyi bersuara merdu asal Bengkalis Riau yaitu Iyeth Bustami dalam album Zapin-Dut : Laksmana Raja Di Laut yang memiliki makna, bahasa yang bervariasi, menarik, dan bernilai estetis.

 

Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Riau, Iyeth Bustami, 4 makna dan keindahan lirik lagu Zapin-Dut : Laksmana Raja Di Laut, simak ulasannya berikut ini.

Lirik lagu adalah puisi

Dalam hal penciptaan puisi, seorang penyair maupun pengarang menyusun kata-kata sedemikian rupa dan merangkaikannya dengan musik yang merdu ke dalam puisinya.

Oleh karena itu, lirik lagu dikatakan sama dengan puisi, hanya ia berwujud nyanyian yang termasuk ke dalam genre sastra imajinatif.


Setiap lagu mempunyai tujuan tertentu yang ingin disampaikan kepada masyarakat sebagai pendengarnya. Lagu berisi barisan kata-kata yang dirangkai secara baik dengan gaya bahasa yang menarik dan dibawakan penyanyinya dengan suara merdu.

Berikut ini makna dan keindahan lirik lagu Zapin-Dut : Laksmana Raja Di Laut, diantaranya :

  1. “Kicauan burung merdu merayu. Membuai rindu di dalam hatiku. Anganku jauh melayang padamu. Kasih kesuma jiwaku. Bukan rindu sekedar merayu. Kesungguhan hati tulus untukmu. Hanya engkau yang selalu kutunggu, Kasih belahan jiwaku”.

Penggunaan gaya bahasa yang estetis dan kreatif di dalam Bahasa Melayu menimbulkan kesan yang menarik dan memiliki keindahan di dalam liriknya sebagai karya sastra.

  1. Riau, Iyeth Bustami, 4 makna dan keindahan lirik lagu Zapin-Dut : Laksmana Raja Di Laut selanjutnya adalah keunikan juga dapat dilihat dari cepat lambat dan turun naiknnya nada, melodi, dan intonasi yang disesuaikan dengan lirik lagu dan jenis musiknya, yaitu Melayu dangdut yang dapat membuat pendengar terbawa akan suasana lagunya.
  2. “kekasih bilakah kau kembali. samar kudengar suara. alunan melodi cinta. semakin dalam kerinduanku kepadamu. indahnya sinar rembulan. terangi gelapnya malam. tak mampu jua mengusir kerinduan ini”.

Memiliki makna yang mendalam karena kata-kata yang digunakan dapat menyentuh hati pendengarnya dan memiliki arti tersendiri sehingga sulit dilupakan.

  1. “hingga tiada lagi tersisa. cinta kasih serta kerinduan. semuanya telah aku pasrahkan. hanya kepadamu sayang. sungguh tak dapat aku pungkiri. begitu banyak kumbang menggoda. tiada setetes aku berikan manisnya madu cintaku.”

Kelebihan yang terakhir, yaitu syair lagu tersebut memiliki makna yang menyentuh hati karena kata-kata yang terdapat di dalam lirik lagu tersebut dapat menimbulkan suasana hati tertentu atau berbeda bagi pendengar bergantung dari lirik yang terdapat di dalam lagu tersebut.

 

 

 

Sekian informasi mengenai Riau, Iyeth Bustami, 4 makna dan keindahan lirik lagu Zapin-Dut : Laksmana Raja Di Laut. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.

Sumber : Arikunto, Suharsini. 2006. “Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek”. Jakarta: Rineka Cipta.